breaking news Baru

Pemkab Mesuji Melalui Dinas Perikanan Laksanakan Gemarikan

Mesuji, buanainformasi.tv - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji Lampung melalui Dinas Perikanan melaksanakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Kegiatan kampanye Gemarikan itu dilaksanakan di Desa Bumi Harapan, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji, Lampung pada Kamis (12/9/2024).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji, Lampung Ripriyanto mengatakan kampanye  Gemarikan merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan konsumsi ikan masyarakat.

"Harapannya tentu saja dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Mesuji," ujarnya.

Ripriyanto menyebut terobosan tersebut juga menjadi salah satu langkah nyata Pemkab Mesuji dalam kesatuan program Gerakan Bersama Masyarakat Mesuji Atasi Stunting (Gebermas) yang dicanangkan pada tahun 2023.

Oleh karenanya, ungkap Ripriyanto kampanye Gemarikan ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan masyarakat memakan  ikan dan memberikan efek ganda yang mampu menggerakkan sektor ekonomi di Kabupaten Mesuji.

Menurutnya, dengan adanya kampanye Gemarikan ini diharapkan akan berpengaruh pada perluasan informasi gizi dari olahan ikan.

Selain itu dapat meningkatan skill keterampilan memasak serta bertambahnya Inovasi dan ragam menu olahan ikan.
"Yang semuanya akan mengarah pada upaya peningkatan konsumsi ikan dan upaya percepatan penanganan stunting di Kabupaten Mesuji," jelasnya.

Ditambahkan Ripriyanto pada tahun 2024 ini ada 10 desa yang menjadi lokus kampanye Gemarikan sebagai upaya percepatan penanganan stunting di Kabupaten Mesuji.

Adapun 10 desa yang menjadi lokus kampanye Gemarikan itu ada di Kecamatan Rawajitu Utara, Desa Sidang Iso mukti dan Desa Telogorejo.

Kemudian di Kecamatan Tanjung Raya Desa Tanjung Harapan dan Desa Tri Karya Mulya.

Kecamatan Way Serdang ada Desa Bumi Harapan dan Desa Labuhan Baru.

Kecamatan Mesuji ada Desa Sidomulyo dan Desa Sungai Badak.

Kecamatan Mesuji Timur ada Desa Tebing Karya Mandiri dan Desa Margo Jaya.

"Dari 10 desa itu sudah 7 desa yang telah kami lakukan kampanye Gemarikan sisanya akan kita lanjut dalam waktu dekat," pungkasnya.(**/red)