breaking news Baru

IKN Bekerjasama Dengan Lembaga New York Kembangkan AI dan IoT

Nasional, Buana Informasi TV - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menjajaki kerja sama dengan IBM dan New York Office for Technology and Innovation (NYC OTI). Hal ini dilakukan dalam rangkaian kegiatan Smart City Reverse Trade Mission (RTM) di Amerika Serikat (AS).
Dalam momentum itu, Deputi Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi mengajak perusahaan global dan kolaborator internasional untuk turut serta dalam proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara.

"Ibu Kota Nusantara merupakan bentuk proses transformasi kerja melalui pemanfaatan teknologi dan peningkatan kapasitas SDM dalam penguasaan dan pengembangan teknologi," kata Ali, dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (25/4/2024).

Dari hasil pertemuan antara OIKN dan pihak IBM, maka direncanakan untuk dapat melakukan proof of concept (POC) teknologi manajemen aset berbasis Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan (artificial Intellingence/AI) untuk dapat diuji coba di Ibu Kota Nusantara.
"Penggunaan teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan kota melalui kemampuan analitik prediktif, khususnya di sektor keberlanjutan pelayanan kota" ujarnya.

Kunjungan ini kemudian dilanjutkan ke kantor teknologi dan inovasi pemerintah New York (NYC-OTI) yang berwenang dalam menyediakan solusi teknologi dan mendorong inovasi pelayanan kota.

NYC-OTI sendiri merupakan penanggung jawab terhadap pemanfaatan teknologi digital dari kecerdasan buatan hingga penyediaan broadband, keamanan siber hingga pemanfaatan data, kerahasiaan informasi hingga pengelolaan kota cerdas.

Direktur Smart city dan IoT, Paul Rothman menjelaskan, dalam tugasnya NYC-OTI juga melakukan berbagai riset terkait pengelolaan kota serta pengembangan dan pemanfaatan teknologi terbaru.

"NYC-OTI memfasilitasi kegiatan pilot project melalui insiatif Smart City Testbed untuk mendorong inovasi dalam penyelenggaraan kota di New York melalui percepatan proses uji coba bagi teknologi baru," kata Paul. (**/red)