Polres Lampung Tengah Mencatat Sebanyak 301 Orang daftar Anggota Polri

Lampung Tengah, Buana Informasi TV - Sebanyak 301 orang mendaftarkan diri sebagai calon anggota Polri di Polres Lampung Tengah.

Proses seleksi dimulai dari pendaftaran online dan verifikasi hingga pembukaan pendidikan.

Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik Purnomo Sigit mengatakan, per 17 April 2024, antusiasme peserta mengikuti pendaftaran anggota Polri cukup baik.

Di antaranya, sebanyak 16 orang mendaftar sebagai taruna akademi kepolisian (Akpol), 256 orang mendaftar bintara polisi tugas umum (PTU), bintara bagian hukum satu orang, bintara bagian kesehatan satu orang, dan tamtama 27 orang.

"Sejauh ini sudah ada 33 orang yang terverifikasi dan mendapatkan nomor peserta. Empat orang peserta Akpol dan 29 orang bintara PTU," katanya, Rabu (17/4).

"Proses penerimaan calon anggota Polri untuk posisi Akpol, Bintara, dan Tamtama terus bergulir hingga 25 April 2024 mendatang," imbuhnya.

Andik mengatakan, para peserta calon anggota Polri akan melalui berbagai tes, diantaranya pemeriksaan kesehatan, tes psikologi, uji akademik, asesmen mental ideologi.

Dia menegaskan, selama seleksi berlangsung, para calon anggota Polri tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Sebab, seluruh tahapan yang dilalui peserta dilakukan secara adil dan transparan.

“Bagi para peserta diharap untuk persiapkan fisik, mental, dan juga materi. Percayakan pada kemampuan diri sendiri serta berdoa kepada Allah SWT,” tutupnya.

Sementara, Milanda selaku salah satu peserta asal Kecamatan Bandar Surabaya mengatakan, dirinya optimistis bisa lolos seleksi penerimaan anggota Polri tahun ini.

Menurutnya, motivasi utama dirinya ikut seleksi ingin membanggakan orangtua dan mengabdi kepada negara. "Sejak SMP saya sudah bercita-cita jadi anggota Polri," katanya.

"Saat ini masih proses pendaftaran online dan cek berkas, dan tidak dipungut biaya sama sekali," imbuhnya.
Milanda mengaku, dirinya telah mempersiapkan diri sejak 2 tahun lalu, ketika duduk di bangku SMA kelas XI.

"Dengan persiapan yang sudah dilakukan, saya optimistis bisa diterima, dan siap ditempatkan dimana saja," tutupnya. (**/red)