Shin Tae-yong Berharap Kompak Di Dua Laga Uji Coba Garuda Muda Jelang Piala Asia U-23 2024

Nasional, Buana Informasi TV - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengungkapkan harapannya dari dua laga uji coba Garuda Muda menjelang Piala Asia U-23 2024: membentuk kekompakan tim.
Timnas Indonesia U-23 akan menjalani dua laga uji coba tertutup. Pertama melawan Arab Saudi pada 5 April dan Uni Emirat Arab (UEA), pada 8 April.

"Ya memang walaupun ada dua laga uji coba, kita fokus lebih dahulu ke dua pertandingan itu. Namun, fokus utama kita adalah pertandingan perdana melawan Qatar pada 15 April," kata Shin Tae-yong, dikutip dari laman PSSI.

"Tetapi beda-beda taktikal setiap tim dan warnanya pun berbeda. Sebenarnya pekerjaan rumahnya adalah itu; harus dijadikan satu, menjadi kompak. Dan fokus juga disitu apakah kita ini bisa menjadi satu dalam tim," ujarnya.

Saat ini Timnas Indonesia U-23 sedang berada di Dubai, UEA, untuk menjalani Pemusatan Latihan (TC). Dari 28 pemain yang dipanggil, 22 pemain di antaranya sudah berangkat dari Jakarta sejak, Senin (1/4).

Ada enam pemain yang berkarier di luar negeri dan diharapkan segera menyusul. Mereka adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, Marselino Ferdinan, dan Justin Hubner.

Ivar sudah dipastikan akan dilepas FC Utrecht yang kabarnya berangkat bersama Rafael Struick dari Belanda, Pratama Arhan akan gabung pada, Kamis (4/4/). Sementara Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, dan Marselino Ferdinan belum ada kabar lanjutan.

Nantinya hanya ada 23 pemain yang masuk skuad final, yang berarti akan ada lima pemain dicoret. Di Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 masuk Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

Qatar akan menjadi lawan pertama pada 15 April, Australia 18 April, dan Yordania 21 April. Hanya juara grup dan runner-up yang akan melaju ke Babak 8 Besar.

"Pertandingan pertama di Piala Asia nanti. Jadi ya fokus kita adalah bagaimana meningkatkan fisik pertandingan para pemain, dan kekompakan mereka selama di dua laga uji coba nanti," ucap Shin Tae-yong. (**/red)