Xabi Aloso Bakal Gantikan Klopp, Berisiko Besar Bagi Liverpool

Nasional, Buana Informasi TV- Ryan Babel mewanti-wanti eks klubnya Liverpool terkait keinginan merekrut Xabi Alonso. Sebab pengangkatannya nanti berisiko besar.

Liverpool bakal ditinggal Juergen Klopp musim panas nanti. Bukan tugas mudah untuk mencari pengganti Klopp yang sudah begitu melekat selama sembilan tahun.

Tidak banyak nama yang muncul ke permukaan dengan tiga kandidat terkuat adalah Xabi Alonso, Ruben Amorim, dan Julian Nagelsmann. Namun, yang selalu dibicarakan adalah Alonso yang kini menangani Bayer Leverkusen.

Pencapaian Alonso selama 18 bulan jadi pelatih Leverkusen sudah membuatnya jadi kandidat terkuat. Dia mampu menyulap Leverkusen jadi tim yang bermain aktraktif dan berpotensi meraih tiga gelar.

Meski demikian, Liverpool harus bersaing dengan ketat dengan Bayern Munich yang juga menginginkan. Kebetulan kedua klub itu pernah diperkuat Alonso.

Terkait pengejaran Alonso, Liverpool mendapat peringatan dari Babel. Mantan rekan setim Alonso di Liverpool itu menilai koleganya tersebut belum cukup pengalaman untuk menangani tim sebesar Liverpool.

Apalagi beban Alonso menggantikan manajer seperti Klopp, sehingga bisa mendatangkan tekanan tersendiri.

"Saya rasa akan berisiko besar untuknya jika menggantikan Klopp. Tentu saja Anda bisa lihat sendiri kalau dia berpotensi jadi manajer hebat," ujar Babel kepada Liverpool Echo.

"Tapi perbedaan Leverkusen dan Liverpool adalah jika Anda tampil bagus bersama Leverkusen, itu sudah cukup. Tapi di Liverpool, Anda wajib tampil bagus.. Saya rasa lebih baik untuknya melatih di sana lain waktu."

"Meski ini adalah waktu yang sangat tepat, saya rasa akan sangat sulit dan tekanannya begitu tinggi sebagai pengganti Klopp." (**/red)