Zuck Jajal Apple Vision Pro: Lebih Bagus Quest 3

Nasional, Buana Informasi TV - CEO Meta Mark Zuckerberg menjajal Apple Vision Pro, dan menurutnya, headset Quest 3 buatan Meta masih lebih bagus.
Ulasan ini diposting Zuck di Instagram dalam bentuk video. Menurutnya, Quest 3 tak cuma lebih bagus dari segi nilai (karena harganya lebih murah), melainkan juga secara keseluruhan.

"Saya pikir Quest 3 tak cuma lebih bagus dari sisi nilai, saya pikir Quest adalah produk yang lebih baik, titik," kata Zuck, Kamis (15/2/2024).

Zuck juga menjelaskan video tersebut direkam menggunakan sistem video passthrough yang ada di Quest 3. Menurutnya, sistem passthrough Quest 3 itu mumpuni, bisa dipakai sembari browsing dengan nyaman.

Memang, Zuck mengakui kalau Vision Pro menggunakan layar yang paling mewah untuk dipakai di kepala. Namun Quest 3 jauh lebih nyaman dipakai dalam waktu lama karena lebih ringan 120 gram dibanding Vision Pro.

Selain itu, Quest 3 juga lebih fleksibel saat dipakai bergerak karena baterainya terintegrasi (Vision Pro menggunakan baterai seperti powerbank yang terpisah) dan menawarkan field of view yang lebih lebar.

Jenis kontrol di Quest 3 pun menurutnya lebih baik karena ada opsi untuk menggunakan kontroler dan pemantau gerakan tangan. Meski ia pun mengaku suka dengan sistem pemantau gerak bola mata, dan meyakinkan kalau fitur tersebut akan tersedia di headset Meta lagi, setelah sebelumnya tersedia di Quest Pro.

Meski Vision Pro menurutnya adalah perangkat hiburan yang lebih baik, Zuck menyebut Quest menawarkan daftar konten yang lebih imersif dibanding Apple. Dan, Quest 3 juga tujuh kali lebih murah dibanding Vision Pro (harga Quest 3 mulai dari USD 499).

Pada akhir video Zuck juga memamerkan kalau ia dan timnya sudah membuat headset VR sejak lama. Namun yang tak disebutkan oleh Zuck adalah Apple punya satu keunggulan utama dari Meta, yaitu ekosistem hardware dan software yang lebih lengkap ketimbang Meta, dan aspek ini membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan produk yang benar-benar baru seperti Vision Pro. (**/red)