breaking news Baru

Fitur Circle To Search Akan Segera Hadir Di HP Android Lainnya

Nasional, Buana Informasi TV - Samsung Galaxy S24 series hadir membawa sejumlah fitur menarik, salah satunya Circle to Search. Kabar baiknya, fitur ini akan tersedia di lebih banyak ponsel Android dalam beberapa bulan ke depan.
Hal ini terungkap dari pernyataan resmi Samsung yang membahas rekor pemesanan Galaxy S24 series di Belanda. Pre-order untuk ponsel flagship terbaru ini kabarnya melonjak 50% di Negeri Kincir Angin.

Dalam pernyataan resmi yang sama, Samsung mengindikasikan fitur Circle to Search akan tersedia di ponsel Android lainnya mulai Oktober 2024. Tapi mereka juga mengatakan tidak ada pengembangan aktif untuk membawa fitur Circle to Search ke ponsel Android lainnya.

"Circle to Search mungkin akan tersedia di perangkat Android dari brand lainnya mulai 5 Oktober 2024, tapi tidak ada pengembangan aktif yang dilakukan untuk hal ini," jelas Samsung.

Pengumuman ini menandakan Samsung dan Google masih memegang hak eksklusif untuk fitur Circle to Search selama beberapa bulan ke depan. Selain Galaxy S24 series, fitur ini juga dibawa ke Pixel 8 dan Pixel 8 Pro tidak lama setelah event peluncuran Samsung.

Fitur Circle to Search memang dikembangkan Samsung bersama Google. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan pencarian hanya dengan menahan tombol home lalu melingkari objek di layar untuk mendapatkan hasil pencarian yang relevan di Google.

Pengguna jadi bisa melakukan pencarian Google tanpa harus berpindah aplikasi. Misalnya saat melihat tas atau sepatu lucu di YouTube Shorts, pengguna bisa langsung menggunakan fitur Circle to Search untuk mencari informasi lebih lanjut tentang produk tersebut.

Belum diketahui ponsel apa saja yang akan kebagian fitur Circle to Search. Sembari menunggu kehadiran fitur ini ke ponsel non-Samsung dan Pixel, pengguna Android bisa melakukan pencarian berbasis gambar menggunakan Google Lens. (**/red)