breaking news Baru

Zulhas Optimis Pasar Wisata Jelajah Danau Ranau Genjot Wisatawan-UMKM

Nasional, Buana Informasi TV - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan kolaborasi semua pihak mampu mempercepat pembangunan ekonomi di Provinsi Lampung. Hal ini disampaikannya saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Wisata Jelajah Danau Ranau, di Lampung Barat, Lampung, hari ini.


"Kita syukuri, Kemendag bisa menempatkan pembangunan pasar yang nilainya lumayan karena harus bersaing dengan daerah lain. Kita memang harus bertarung dan berkolaborasi untuk mempercepat pembangunan Provinsi Lampung," kata Zulhas dalam keterangannya, Kamis (25/1/2024).

Lebih lanjut, Zulhas mengungkapkan pembangunan Pasar Wisata Jelajah Danau Ranau memamerkan kombinasi budaya Lampung dan potensi keindahan Danau Ranau. Adapun pembangunan pasar ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan ekonomi, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Lampung Barat.

"Ini suatu konsep, tidak hanya pasar biasa, tapi tematik yaitu budaya, wisata, dan pasar. Saya meyakini akan banyak wisatawan yang datang sehingga UMKM berkembang dan tentu ekonomi akan tumbuh," imbuh Zulhas.

Sementara Pj Bupati Lampung Barat Nukman mengatakan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat berkomitmen menyelesaikan pembangunan Pasar Wisata Jelajah Danau Ranau sesuai target yang ditetapkan.

Pihaknya juga berkomitmen menjaga kebermanfaatan bangunan untuk kepentingan ekonomi masyarakat dan mendukung pengembangan wisata Danau Ranau yang selama ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Lampung Barat.

Seperti diketahui, Pasar Wisata Jelajah Danau Ranau dibangun melalui pembiayaan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan anggaran Rp 70 miliar. Pasar ini ditargetkan selesai pada Oktober 2024 dan diperkirakan mampu menampung sebanyak 314 pedagang dengan potensi mencapai 1.172 unit usaha.

Adapun fasilitas pasar yang akan dibangun terdiri atas tujuh zonasi, yakni kebutuhan pokok, kantor pengelola dan tempat ibadah, souvenir dan galeri, UMKM, pertunjukan, bumi perkemahan (camping ground), serta kuliner dan olahraga air.

Sejak 2022, Kemendag telah mendapat amanah untuk mendukung pelaksanaan program Destinasi Pariwisata Prioritas melalui DAK Tematik Penguatan Destinasi Pariwisata Prioritas dengan pembangunan pasar rakyat tematik wisata. Lokasi pembangunan pasar tersebut telah ditentukan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Nasional setiap tahun.

Hingga akhir 2023, Kemendag telah membangun empat unit Pasar Rakyat Tematik Wisata. Keempat pasar tersebut, yaitu Pasar Ubud di Kabupaten Gianyar, Bali dan Pasar Semarapura di Kabupaten Klungkung, Bali yang telah beroperasi. Selanjutnya, Pasar Petualangan Bunaken di Kota Manado, Sulawesi Utara dan Pasar Singamandawa di Kabupaten Bangli, Bali yang belum beroperasi.

Sebagai informasi, Turut hadir pada kegiatan ini, yaitu Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto dan Pj. Bupati Lampung Barat Nukman. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan, yaitu Plt. Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim. (**/red)