breaking news Baru

Kodim 0412 Lampung Utara Gelar Penanaman Pohon Serentak Dalam Rangka Wujudkan Kelestarian Lingkungan Hidup

Lampung Utara, Buana Informasi TV - Kodim 0412/LU Gelar Penanaman Pohon Serentak di wilayah Kodam II/Sriwijaya dalam rangka Wujudkan Kelestarian dan Fungsi Lingkungan Hidup serta Mengurangi Dampak Pencemaran Ekosistem Alam. 

Penanaman Pohon secara Serentak di Wilayah Kodam II/Sriwijaya tak terkecuali juga di Wilayah Teritorial Kodim 0412/Lampung Utara. Kali ini, di Lereng Bukit Duduk dan Bantaran Sungai Way Rarem Desa Sinar Mulya Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara pada Senin, 15/01/2024 Pukul 09.00 Wib.

Sebelum dilaksanakannya Penanaman Pohon terlebih dahulu, dilakukan Acara Pertemuan di Kantor Desa Sinar Mulya tentang Penanam Pohon Serentak bersama pihak terkait. Banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan itu, diantaranya untuk  bersama² menjaga Ekosistem Alam agar tetap Stabil, dan menghindari dampak terjadinya pencemaran lingkungan.

Kegiatan ini mendapat tanggapan dari Bupati Lampung Utara diwakili Asisten lll Bidang Adiminstrasi Umum Ibu Dra. Dina Prawita M.M., di Dalam Aula Desa Sinar Mulya tersebut, Dirinya Menyampaikan Ucapan Terimakasih dan Rasa syukur Atas Kehadiran TNI di Lampung Utara yang Telah Berhasil Membuktikan Pengabdianya.

"Dengan hadir dan dekat Bersama rakyat serta melaksanakan penanaman pohon didesa, kami selaku Aparat Pemerintah sangat berterima kasih dan mengapresiasi penanaman pohon yang berfungsi untuk memelihara ekosistem alam, sehingga desa dapat menjadi paru-paru Negara dan meningkatkan kualitas Udara.

Selama ini TNI dalam hal ini Kodim 0412/Lampung Utara telah menyatu bersama Masyarakat bahkan membangun jiwa Gotong royong, dan mempererat tali silaturahmi antar Masyarakat."Ucapnya

Selain itu, Dandim 0412/LU Letkol Inf Hery Eko Prabowo Mengatakan Bahwa Kegiatan yang dilakukan Kodim 0412/LU Dan Jajaran Kodam ll/Sriwijaya Memang bukan hal baru, namun ini Merupakan salah satu kepedulian TNI terhadap pelestarian Lingkungan Seperti Penanaman Pohon Mangrove, maupun penanaman pohon jenis lainnya.

Menurut Dandim, Alam berperan dalam menjaga Keberlangsungan Hidup kita semua,"Ucap Dandim."

Lebih Lanjut, Perlu diketahui pemanasan global yang kita alami terjadi karena kurangnya kepedulian masyarakat terhadap pelestarian alam, untuk itu kita sebagai TNI  hadir sebagai mitra strategis Masyarakat dan Pemerintah dalam pelestarian dan perlindungan alam, rehabilitasi, hingga pengendalian dampak lingkungan hidup khususnya diwilayah Lampung Utara.

Selain itu, Dengan Kita Bersama-sama Menjaga Kelestarian Lingkungan maka bencana alam seperti Longsor, Banjir, Maupun Polusi Udara dapat dihindari."Jelasnya.

Diharapkan, Penanaman Pohon yang melibatkan Seluruh Elemen Masyarakat termasuk Siswa/i SD ini dapat Menumbuhkan Minat Anak dalam Menjaga Dan Memelihara Alam disekitar Mereka."Tutup Dandim.

Dengan Penanaman Pohon di Saat Musim Hujan, sangat cocok bagi Pertumbuhan Bibit Pohon cepat dan dapat berkembang dengan baik pula, dimana disaat tanah terkena guyuran hujan akan menjadi lebih efektif dan Humus tanah sudah mulai dingin dan Subur.

Hal ini sangat Positif terhadap Lingkungan Alam dan Masyarakat sekitar. Sehingga Ekosistem dan Habitat Alam Kedepannya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pula, dan tentunya diharapkan agar warga untuk selalu menjaga dan merawat dengan baik, tidak melakukan Penebangan Hutan secara Massif dan Liar.

Dengan melakukan kegiatan ini, selain membantu memperbanyak Jumlah Pohon, Juga dapat membantu mengurangi Efek Kemarau pada musim Panas serta dapat memperbaiki Kualitas udara di lingkungan sekitar.

Kegiatan tersebut dihadiri pula, Komandan Kodim (Dandim) 0412/LU Letkol Inf Hery Eko Prabowo, Bupati Lampung Utara diwakili Asisten 3 Ibu Dra. Dina Prawitarini, M.M., Kapolres Lampung Utara diwakili Kapolsek Tanjung Raja Iptu Syamsul, Kadis Pertanian Bpk M.Riski., Kadis Lingkungan Hidup diwakili Staf Ibu Indriyati Sugiani, S.E., Camat Tanjung Raja Ibu Martutiyana, S.E., Pgs Pasiter Kapten Inf Gus Amirul dan 8 anggota., Pgs Danramil 412-10/TJR Letda Sugiono dan 12 anggota, Kades Sinar Mulya Bpk Hi. Sulki dan 20 org staf, Kepala SDN 06 Sinar Mulya dan 50 orang siswa/i, Anggota Kodim 0412/LU 80 Org, Anggota Polres LU 20 Orang. (**/red)