KPU Lampung Utara Pastikan Seluruh Logistik Tiba Diseluruh TPS H-1 Pemilu 2024

Lampung Utara, Buana Informasi TV - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Lampung Utara, memastikan seluruh logistik tiba di seluruh TPS pada satu hari menjelang (H-1) Pemilu 2024.

Pendistribusian logistik pemilu direncanakan pada tanggal 7 Februari 2024 mendatang. 

Dari jadwal tersebut, KPU Lampung Utara menargetkan satu hari sebelum (H-1) pencoblosan, atau tanggal 13 Februari 2024 seluruh logistik telah tiba di TPS masing-masing.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Lampung Utara Aprizal Ria melalui Kasubag KUL, Istiadani, Jumat (5/1/2024). 

"Kita berharap semua lancar, termasuk pendistribusian. Sehingga tidak ada kendala berarti," ujarnya.

Selain itu, KPU Lampung Utara menargetkan pelipatan surat suara untuk pileg dan pilpres 2024 selesai dalam 10 hari ke depan. 

Pihaknya mulai melaksanakan pelipatan surat suara mulai besok, Sabtu, 6 Januari 2024. 

"Yang dimulai dari surat suara untuk caleg kabupaten, berlanjut provinsi, pusat dan seterusnya," ungkapnya. 

"Untuk pelipatan, kita mulai laksanakan besok di penyimpanan, atau gudang logistik pemilu, GOR Stadion Sukung, Kotabumi," sambungnya. 

 

Selanjutnya, pihaknya juga akan memilah surat rusak atau pun yang tidak terpakai. 

Sehingga nanti, pada saatnya didistribusikan sampai TPS tidak ada persoalan lagi.

"Untuk surat suara rusak, atau yang tidak dapat dipakai itu nanti saat pelipatan kami data. Untuk saat ini belum ada," terangnya.

Menyoal penyimpanan ditingkat kecamatan atau nanti di TPS yang rawan kebocoran, pihaknya berharap ada dukungan dari pemerintah daerah. 

"Itu kenapa kita berharap ada dukungan pemerintah daerah. Sebab, ini musim penghujan kalau ada tempat penyimpanan atau gudang yang mengalami kebocoran," tegasnya.

"Ini seperti di GOR Stadion Sukung, yang menjadi tempat penyimpanan logistik pemilu kita beri plastik untuk menghalau cipratan air jatuh langsung. Sebab, ini rawan rusak, seperti kotak suara, dari kardus, bilik, dan surat suara. Kami berharap pemerintah daerah dapat membantu, menyediakan tempat agar aman disimpan," timpalnya.

Sementara, Kaban Kesbangpol Lampung Utara Mat Soleh menambahkan, pemerintah daerah siapa memberikan dukungan dalam memastikan logistik pemilu aman sampai digunakan pada tanggal 14 Februari 2024.

"Assisten II Setdakab, Alamsyah beberapa waktu lalu telah menginstruksikan, sampai ketingkat camat untuk memberikan dukungan kepada proses pemilu. Mudah-mudahan tidak ada persoalan, dan kami pemerintah daerah siap mendukung," pungkasnya. (**/red)