Tim Kemenpan RB RI lakukan Kunjungan ke Lampung Selatan

Lampung Tengah, Buana Informasi TV - Polres Lampung Tengah, Polda Lampung menerima kunjungan dari Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau yang sering disebut Kemenpan RB Republik Indonesia dalam rangka Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (EKPPP) tahun 2023,  Rabu (6/12/23)

Tim Kemenpan RB RI dipimpin Kombes Pol Dr Benny Ganda Sujana melalui AKP Reaza Dhikry, S.T dengan didampingi Kabag RBP Birorena Polda Lampung AKBP Rachmat Tri Haryadi diterima langsung oleh Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik Purnomo Sigit beserta para PJU.

Kapolres Lampung Tengah menyampaikan bahwa kedatangan Tim Kemenpan RB RI ini dalam rangka melaksanakan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggara pelayanan publik (PEKPPP) .

 

“Maksud dan tujuan kedatangan Tim Kemenpan RB RI yaitu untuk melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggara pelayanan publik (PEKPPP) seperti Pelayanan Pembuatan SKCK dan SIM yang berada di Mapolres Lampung Tengah,” ujarnya.

Mekanismenya ialah Tim melakukan penilaian, pemantauan, observasi dan evaluasi kinerja mengenai standar pelayanan publik.

Termasuk pengecekan terhadap dokumen kelengkapan yang ada di pelayanan publik Polres Lampung Tengah untuk mewujudkan Pelayanan Prima yang di berikan oleh Polres Lampung Tengah kepada masyarakat.

Terdapat beberapa indikator utama dalam penilaian kepatuhan, yaitu kompetensi penyelenggara, sarana prasarana ruang pelayanan, pengelolaan pengaduan.

Juga tanggapan pengguna layanan serta jaminan keamanan dan keselamatan seperti kamera pengawas atau CCTV, APAR (alat pemadam api ringan), jalur evakuasi, titik kumpul dan fasilitas bagi penyandang disabilitas, serta inovasi dalam memberikan pelayanan yang maksimal.

Ketua Tim Kemenpan RB RI Kombes Pol Dr Benny Ganda Sujana diwakili AKP Reaza Dhikry menyampaikan, secara garis besar pelayanan publik di Polres Lampung Tengah telah berjalan dengan sangat baik dan fasilitas-fasilitas di tempat pelayanan publik juga telah tersedia seluruhnya.

“Ada beberapa evaluasi kecil yang nantinya diharapkan untuk ditindaklanjuti oleh Bapak Kapolres Lampung Tengah, guna memaksimalkan pelayanan publik, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lampung Tengah khususnya,” kata AKP Reaza.

Kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi terkait hal-hal yang harus ditingkatkan kembali pada pelayanan publik di Polres Lampung Tengah.(**/red)