Microsoft Resmikan Fitur Cocreator Untuk APK Paint Di Windows 11

Nasional, Buana Informasi TV - Microsoft meresmikan kehadiran fitur Cocreator untuk aplikasi Paint di Windows 11. Fitur seperti apa sih itu?

 

Cocreator adalah fitur berbasis AI untuk menciptakan gambar dari perintah berbentuk teks. Fitur ini berbasis model DALL-E 3 milik OpenAI, yang sebelumnya hanya tersedia untuk Windows Insider.

 

Kini pengguna Windows 11 non Insider pun sudah bisa melihat kehadiran tombol Cocreator di dalam aplikasi Paint. Lewat tombol tersebut, pengguna bisa memerintah Paint untuk menggambar berbasis deskripsi dari penggunanya. Setelah mendapat perintah, Cocreator akan membuat tiga gambar untuk dipilih oleh pengguna.

 

AI DALL-E 3 ini, meski baru hadir di Paint sebenarnya bukan fitur yang benar-benar baru. Fitur ini sebelumnya sudah dipakai di chatbot Bing jika pengguna meminta chatbot untuk membuat sebuah gambar. Pengguna ChatGPT berbayar pun sudah bisa mengakses DALL-E 3.

 

Kehadiran Cocreator di Windows 11 ini adalah salah satu rencana besar Microsoft dalam membenamkan berbagai fitur berbasis AI di dalam produk-produknya. Sebelumnya mereka juga mengubah nama Bing Chat menjadi Copilot, dan mengubahnya menjadi antarmuka percakapan yang bisa dipakai di Bing, Microsoft Edge, dan juga Windows 11.

 

Awalnya Microsoft berencana menantang Google Search lewat Bing yang dilengkapi AI. Namun kini tampaknya mereka mengubah targetnya menjadi penantang ChatGPT. Pasalnya perubahan nama itu dilakukan hanya beberapa hari setelah OpenAI memamerkan jumlah pengguna mingguan ChatGPT yang mencapai 100 juta orang.

 

Persaingan ini unik karena sebenarnya Microsoft dan OpenAI punya hubungan yang dekat, dengan kerja sama bernilai miliaran dolar. Namun kedua perusahaan ini terlihat bersaing ketat untuk menggaet konsumen yang membutuhkan asisten berbasis AI. (**/red)