breaking news Baru

FIFA Menyambut Terbuka Arab Saudi Untuk Menggelar Piala Dunia 2034

Nasional, Buana Informasi TV - FIFA menyambut terbuka Arab Saudi untuk menggelar Piala Dunia 2034. Federasi sepakbola dunia itu sudah menerima pernyataan kesiapan dari Negeri Minyak tersebut.
Melansir situs resminya, FIFA menerima surat declaration of interest atau surat pernyataan kesiapan Arab Saudi menggelar Piala Dunia 2034. Diterimanya surat itu membuat kans Arab Saudi menggelar Piala Dunia terbuka lebar.


"Langkah pertama ini akan diikuti dengan proses bidding menyeluruh untuk kedua edisi Piala Dunia FIFA (termasuk Piala Dunia 2030), dengan tuan rumah akan ditunjuk asosiasi anggota yang berkumpul di Kongres FIFA," tulis FIFA.


"...Sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Bidding yang disetujui Dewan FIFA, FIFA akan melakukan proses bidding dan evaluasi secara menyeluruh untuk Piala Dunia FIFA edisi 2030 dan 2034, dengan tuan rumah akan ditunjuk dalam Kongres FIFA, yang diharapkan berlangsung pada Q4 2024," jelas pernyataan FIFA. 


Sebelumnya, Australia menyatakan mundur dari pencalonannya menjadi tuan rumah. Australia mengalihkan niatannya menggelar Piala Asia Wanita 2026 dan Piala Dunia Antarklub 2029.
Padahal, Australia sempat diwacanakan bakal menggandeng Indonesia menjadi tuan rumah. Belakangan, Indonesia mundur dari berbalik mendukung Arab Saudi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.
Presiden FIFA, Gianni Infantino, juga sudah membuat pernyataan soal Arab Saudi menggelar Piala Dunia 2034.


"Sepakbola menyatukan dunia tak seperti olahraga lainnya. Piala Dunia menjadi pertunjukkan sempurna untuk menyampaikan pesan persatuan dan inklusi," jelas Infantino, seperti dibagikan jurnalis Fabrizio Romano.

"Budaya yang berbeda bisa bersatu," imbuhnya.
Piala Dunia 2034 memang menjadi 'jatah' bagi konfederasi Asia. Sebab, Piala Dunia 2030 besar kemungkinan digelar di Maroko (Afrika), Spanyol dan Portugal (Eropa), yang menjadi tuan rumah bersama, yang mana surat declaration of interest-nya juga sudah diterima FIFA. (**/red)