breaking news Baru

Kontingen Renang Indonesia Targetkan Lima Medali di Asian Para Games, Satunya Emas

Nasional, Buana Informasi TV - Kontingen Indonesia menargetkan lima medali dari cabor renang di Asian Para Games 2023 Hangzhou, China. Salah satu kepingan itu berharap berwarna emas.
Indonesia di Asian Para Games mengikuti 12 cabang olahraga dari 22 cabor yang dipertandingkan. Dari antara cabang tersebut, olahraga para renang menjadi salah satu andalan Indonesia untuk mendulang medali di pentas multiajang olahraga atlet difabel terbesar di benua Asia tersebut.

Adapun skuad para-renang Indonesia diperkuat Jendi Pangabean, Maulana Rifky Yavianda, Zaky Zukarnaen, Bayu Putra Yudha, Tangkilisan Steven Sualang, Muhammad Gerry, Syuci Indriani, Mutiara Cantik Harsanto, dan Siti Alfiah.

"Kami menargetkan rebut satu medali emas, dua medali perak, dua medali perunggu. Semoga target itu bisa terwujud, karena kita melihat perjuangan atlet selama persiapan sehingga realistis dalam menetapkan target," kata Agni Herarta, pelatih para-renang Indonesia.

Untuk target medali emas berada di pundak Maulana Rifky yang akan berjuang di nomor gaya punggung 100 m putra S12. Tidak hanya emas, Rifky juga diharapkan bisa meraih medali perak di nomor 100 gaya bebas putra S12.

Satu medali perak lainnya ditargetkan kepada Jendi Pangabean yang turun di nomor 100 meter punggung putra. Jendi juga targetkan untuk merebut medali perunggu di nomor 100 gaya kupu-kupu putra S9.

Raihan medali perunggu juga diharapkan datang dari Syuci Indriani di nomor 100 Gaya Kupu Putri S14.

Nah, dalam mencapai target itu Agni mengatakan atlet-atletnya telah melakukan latihan panjang dan siap untuk berlomba.

"Kami telah menjalani latihan nonstop dari bulan Oktober 2021, setelah ASEAN Para Games Solo. Di Asian Para Games 2023 ini, China sebagai tuan rumah, Jepang, dan Korea Selatan akan menjadi lawan tangguh bagi perenang-perenang kita," ucap Agni Herarta, pelatih para-renang Indonesia.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan adaptasi dengan kolam di Hangzhou Olympic Sports Centre Aquatic Sports Arena. Sejauh ini, mereka tak menemui kendala apapun dalam proses penyesuaian di venue.

"Kondisi kolam renang sangat bagus dan mendukung kami untuk tampil maksimal. Kolam ini mungkin paling bagus yang pernah saya temui. Tidak hanya kolam, fasilitas di sini untuk perlombaan nanti juga sangat mendukung," kata atlet para-renang Indonesia, Maulana Rifky. (**/red)