Rahmat Erwin Abdullah sukses meraih emas angkat besi Asian Games 2023

Nasional, Buana Informasi TV - Rahmat Erwin Abdullah sukses meraih emas angkat besi Asian Games 2023. Lifter asal Makassar itu juga memecahkan rekor dunia di angkatan clean and jerk.
Rahmat tampil cemerlang di kelas 73 kg, yang berlangsung di Hangzhou, China, Selasa (3/10/2023). Putra mantan atlet angkat besi nasional Erwin Abdullah itu meraih emas setelah membukukan total angkatan 359kg, terdiri dari 158kg angkatan snatch dan 201kg angkatan clean & jerk.

Pada kelas itu, lifter kelahiran Makassar, 13 Oktober 2000 tersebut, juga berhasil memecahkan Rekor Dunia untuk angkatan clean and jerk. Sementara di total angkatan, ia memecahkan rekor Asian Games.

"Ya, tadi setelah angkatan kedua seberat 196kg berhasil saya angkat. Saya pikir untuk mengungguli lawan saya harus menambah beban seberat 5 kilogram lagi agar tetap unggul. Ternyata, berhasil dan Alhamdullilah bisa memecahkan rekor dunia atas nama saya sendiri," kata Rahmat Erwin Abdullah ketika dihubungi via Whatsapp.

Sementara itu, Kabid Binpres PB PABSI Hadi Wihardja menyebut Rahmat memang andal di clean & jerk. Tapi keberhasilan mengangkat beban 158kg di angkatan snatch menjadi kuncinya.

"Memang kami harapkan ia dapat memperbaiki angkatan clean and jerk-nya. Terlebih, ia merupakan pemegang rekor dunia. Namun, sekedar catatan, ia juga harus mumpuni di jenis angkatan snatch, karena China sangat baik di snatch," kata Hadi.

"Sedangkan Thailand dan Korea Utara merupakan rival yang sangat ketat. Secara khusus Thailand yang sedang meningkat, dan merupakan juara dunia di Riyadh kemarin, namun clean and jerk tetap milik Rahmat," lanjutnya.

"Sementara, Korea Utara setelah 4 tahun, cukup mengejutkan, khususnya di kategori putri mereka sangat luar biasa," Hadi menandaskan. (**/red)