Truk Rem Blong Menabrak 7 mobil Dan 9 Motor Di exit Tol Bawen

Nasional, Buana Informasi TV - Sebuah truk trailer menabrak tujuh mobil dan sembilan motor di pertigaan exit tol Bawen, Ungaran, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2023). Dirlantas Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Agus Suryo mengatakan penyebab kecelakaan maut yang menewaskan empat orang itu diduga karena truk rem blong.
"Terjadi hari sabtu tanggal 23 (September) jam 18.30, kendaraan tronton AD 8911 IA dikendarai oleh saudara Agus Riyanto melaju dari arah Bawen menuju Salatiga, saat berada di turunan exit tol Bawen kendaraan tronton tidak bisa mengendalikan laju kendaraan, diduga rem blong, ini masih diduga," kata Agus Minggu (24/9/2023).

"Saat di pertigaan exit tol lampu traffic light kondisi merah, sehingga kendaraan tronton menabrak secara beruntun yang melibatkan sembilan kendaraan roda dua, dan tujuh kendaraan roda empat," tambah dia lagi.

Dalam cuplikan rekaman CCTV yang beredar. Truk itu menabrak kendaraan yang ada di depannya. Bahkan pemotor di depannya terseret hingga truk tersebut berhenti. Mobil-mobil juga terjungkal diterjang truk.

Kapolres Semarang, AKBP Achmad Oka mengatakan ada total 22 korban akibat kecelakaan tersebut dengan rincian empat meninggal dunia, tujuh luka berat, dan 11 luka ringan.

"Luka berat tujuh orang. Luka ringan 11 orang, ada tiga dirujuk ke RS Ken Saras. Yg 15 ada di At-Tin Hospital. Meninggal empat orang," ujarnya.

Sebelum terjadi kecelakaan, sopir truk diketahui sudah membunyikan klakson. Ini dilakukan diduga setelah sang sopir mengetahui rem tidak berfungsi dan truk di luar kendali.
Salah seorang saksi yang juga pengguna jalan, Heru mengatakan truk bernopol AD 9911 IA sudah mencurigakan dan diduga mengalami rem blong sejak di turunan depan Dusun Semilir atau sekitar 500 meter dari lokasi kejadian.

"Blongnya udah dari Dusun Semilir sana. Tidak buang kiri malah langsung. Kondisi di sini lampu merah," ujar Heru, Sabtu (23/9/2023) malam di lokasi, dikutip dari detikJateng.

"Truk itu klakson-klakson, tapi kan posisi lampu merah. Keras sekali, mas (tabrakannya)," imbuh Heru. (**/red)