breaking news Baru

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkab Lampung Selatan Bagikan Ribuan Dosis Vaksin Rabies

Lampung Selatan, Buana Informasi TV - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkab Lampung Selatan membagikan ribuan dosis vaksin rabies kepada hewan penular rabies.

Hal ditu dilakukan Dinakeswan Lampung Selatan dalam rangka bulan bakti rabies.

Dalam bulan bakti rabies yang diperingati setiap September setiap tahunnya ini Dinakeswan Lampung Selatan melaksanakan kegiatan pengendalian dan pencegahan penyakit rabies, salah satunya dengan memberikan vaksin rabies gratis.

Kepala Dinakeswan Lampung Selatan Rini Ariasih mengatakan pihaknya menggelar kegiatan vaksinasi rabies gratis.

"Dalam momen bulan bakti rabies 2023 ini kami melaksanakan serangkaian kegiatan pencegahan dan pengendalian penyakit rabies," kata Rini, Rabu (13/9/2023).

"Salah satunya dengan melakukan vaksinasi rabies secara massal pada hewan penular rabies (HPR) seperti anjing kucing kera dan musang, dan kastrasi atau sterilisasi pada kucing lokal jantan," ujar Rini.

Dalam pelaksanaan Bulan Rabies 2023 pihaknya berkolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Lampung wilayah Lampung Selatan.

"Vaksinasi rabies massal telah mulai dilaksanakan di beberapa wilayah kecamatan oleh UPT Puskeswan dan dilaksanakan di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan pada 12-13 September 2023," ujar Rini.

Rini mengatakan pada kesempatan ini juga dilaksanakan kastrasi atau sterilisasi pada kucing lokal Jantan.

"Pada 12 September 2023, telah divaksin rabies sebanyak 44 ekor kucing dan kastrasi 11 ekor kucing lokal Jantan," katanya.

"Kegiatan masih akan berlanjut hingga hari ini 13 September 2023," ujarnya.

Diteruskannya, vaksin juga sudah distribusikan ke UPT Puskeswan kecamatan agar dilaksanakan vaksinasi rabies di 17 kecamatan yang ada di Lampung Selatan.

"Jumlah vaksin rabies total untuk 1 tahun ini 1.400 dosis dan 800 dosis bantuan dari provinsi," ujarnya

Selain vakinasi rabies gratis, pihaknya juga melakukan kegiatan komunikasi informasi dan edukasi ke sekolah-sekolah tentang bahaya penyakit rabies.

"Kegiatan komunikasi informasi dan edukasi ke sekolah-sekolah tentang bahaya penyakit rabies telah dilaksanakan pada 8 September 2023 di SDN Negeri Pandan dan SDN 3 Tajimalela Kecamatan Kalianda," katanya.

Pihaknya juga masih akan melaksanakan kegiatan komunikasi informasi dan edukasi ke sekolah-sekolah tentang bahaya penyakit rabies ke sekolah dasar dan sekolah TK di wilayah Kecamatan Sidomulyo. (**/red)