Polres Pringsewu Melakukan Revitalisasi Situs Budaya Pure Giri Sutra Mandala Gadingrejo

Pringsewu, Buana Informasi TV - Polres Pringsewu Polda Lampung berkolaborasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) melakukan revitalisasi situs budaya / agama di pure Giri Sutra Mandala, Pekon Mataram, Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Sabtu (17/6/2023)

Bakti Sosial religi dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 ini dipimpin langsung Kapolres Pringsewu, AKBP Benny Prasetya dan diikuti Wakapolres, para pejabat utama Polres dan ratusan anggotanya. 

Juga dihadiri Ketua FKUB Kabupaten Pringsewu KH Mahfud Ali, Ketua Parisada Hindu Darma, Misino, pengurus FKUB, Kepala Pekon Mataram dan Pemangku Pure Giri Sutra Mandala dan masyarakat sekitar.

Tampak dalam pantauan, aparat kepolisian bersama masyarakat dan umat Hindu bahu membahu membersihkan lingkungan pure dengan cara menyapu, membabat dan mencabuti rumput.

Tampak juga sebagian anggota lain terlihat mengecat ulang beberapa bagian pure yang terlihat sudah mulai kusam sambil bersenda gurau.

Kapolres Pringsewu, AKBP Benny Prasetya menjelaskan, revitalisasi situs budaya atau agama ini dilaksanakan dalam rangkaian menyambut Hari Bhayangkara ke-77, yang bertujuan untuk menghidupkan kembali keberdayaan dan pentingnya situs agama tersebut.

Benny menyebut, proses revitalisasi ini akan berlangsung selama 3 hari dengan konsep membersihkan lingkungan dan peremajaan cat. Ia juga mengatakan melalui kegiatan sosial ini diharapkan bisa memupuk semangat gotong royong dan keguyuban antara polri dengan elemen masyarakat. 

"Sekaligus menjaga sikap toleransi dalam upaya memupuk persatuan dan kesatuan bangsa," terang AKBP Benny Prasetya pada Sabtu (17/6/2023) siang.

Benny berharap, setelah dilakukan revitalisasi, pure giri sutra mandala menjadi lebih bersih dan tertata sehingga menambah kenyamanan umat Hindu saat menjalankan ibadah. 

"Selain berfungsi ibadah, revitalisasi ini juga diharapkan bisa menambah daya tarik pariwisata sehingga bisa berdampak peningkatan ekonomi masyarakat," ungkapnya

Amat Rowaji, Pemangku Pure Giri Sutra Mandala Mataram Gadingrejo, mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas partisipasi Polres Pringsewu dan jajaran yang telah membantu merevitalisasi tempat ibadah umat Hindu di kabupaten Pringsewu.

Menurut Misino, bakti sosial Polri tidak kali ini saja, tapi sebelumnya juga sudah sempat melakukan di Pure Giri Sutra Mandala.

“kami hanya bisa mengucapkan terimakasih dan mendoakan semoga kegiatan positif dan kebaikan seluruh aparat kepolisian ini bisa diberikan Waranugraha oleh hyang Widhi wasa," ungkapnya. (**/red)