Kab. Mesuji Mencatat Ada 6 Kasus DBD Sejak Januari Sampai Mei Tahun 2023

Mesuji, Buana Informasi TV -  Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatat sejak Januari hingga Mei 2023 ada 6 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Mesuji.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Mesuji, Suyono mengungkapkan ada 6 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi selama pada periode Januari-Mei 2023.

"Jadi cukup sedikit karena sejak awal tahun baru 6 kasus, itu ada di Desa Berasan, Kecamatan Tanjungraya dan Desa Wirabangun, Kecamatan Simpang Pematang," katanya pada Jumat 2 Juni 2023.

Meski kasus DBD tergolong sedikit, Dinas Kesehatan Mesuji tetap meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Jangan biarkan ada genangan air, itu bisa jadi sarang nyamuk berkembang biak. Bersihkan kamar mandi. Tak hanya itu, jangan biarkan baju tergantung dengan jangka waktu lama," jelasnya.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk segera melapor dan berobat ke puskesmas terdekat jika merasakan gejala DBD tentu saja semua puskesmas akan bergerak cepat jika ada kasus DBD.

Masyarakat pun harus terus menjaga diri dengan semaksimal mungkin.

Dirinya juga mengaku jika pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Salah satu bentuk sosialisasi yang sudah disampaikan kepada masyarakat yakni mensosialisasikan penerapan 3 M (menguras, menutup dan mengubur).

Selain itu, pihaknya juga mengingat kepada masyarakat akan bahaya virus DBD yang menjangkit manusia. 

"Sosialisasi dan edukasi itu dilakukan mulai dari tingkat Puskesmas bahkan juga melibatkan pihak Kecamatan dan aparatur desa. Seprti RT/RW di wilayah setempat," pungkasnya. (**/red)