Riana Arinal Buka Kegiatan Pengembangan Budaya Membaca Bersama Penggiat Literasi Se-Provinsi Lampung 2023

 

Bandar Lampung, buanainformasi.tv - Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal membuka acara Pengembangan Budaya Membaca bersama Penggiat Literasi se-Provinsi Lampung Tahun 2023, di Hotel  Sheraton (29/05/2023).

Acara diselenggarakan selama dua hari (29-30 Mei 2023) dengan mengusung tema "Buku yang bisa mengubah cara hidupmu". Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung sebagai salah satu langkah konkrit untuk meningkatkan minat baca masyarakat Lampung yang akhirnya dapat meningkatkan indeks literasi Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya Riana Sari Arinal menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mendukung minat masyarakat dalam memperluas wawasan dan pengetahuan dengan membaca. 

"Karena dengan membaca dapat meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri, membuka diri terhadap ide dan informasi baru, serta dapat mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki dengan optimal," ucap Riana Sari Arinal.

Kebiasaan gemar membaca hendaknya dilakukan sejak dini  dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. 

"Karena tidak ada satupun Negara yang maju sepanjang sejarah dan tidak ada peradaban yang terhebat sekalipun kecuali karena masyarakatnya  gemar membaca,"tegas Riana Sari Arinal.

Pemasyarakatan Perpustakaan dan minat baca  perlu dilaksanakan secara terus menerus  agar masyarakat lebih mengenal  manfaat dari Perpustakaan.

Oleh sebab itu Pemerintah Provinsi Lampung berkewajiban menjamin hak masyarakat untuk memperoleh informasi dan pengetahuan melalui penyedian bahan pustaka berupa buku buku bacaan.

Hal itulah yang melatarbelakangi Pemerintah Provinsi  Lampung melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung memprogramkan pemberian Hibah Buku kepada 30 (tiga puluh) Penggiat Literasi dari 15 Kabupaten/Kota pada tahun ini. 

Riana Sari Arinal berpesan kepada seluruh Penggiat Literasi,  sebagai mitra Pemerintah agar dapat  menciptakan berbagai kegiatan yang mampu menarik minat masyarakat untuk membaca dan memotivasi bahwa membaca sebagai kebutuhan utama dalam merealisasikan kehidupan yang lebih berhasil dan sejahtera. 

"Dengan membaca kita bisa mengenal Dunia dengan menulis kita dikenal Dunia maka jadikan buku sebagai kekuatan dalam hidup," pungkas Riana Sari Arinal.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Dra. Ratna Dewi, MM menyampaikan bahwa pengunjung perpustakaan sampai saat ini tercatat sebanyak 10.276 pengunjung yang terdiri dari masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa bukan hanya dari Bandar Lampung saja namun dari seluruh kabupaten di Provinsi Lampung.

Selanjutnya dalam kegiatan ini diserahkan secara simbolis Hibah buku kepada Penggiat Literasi dari Rumah Pintar Kabupaten Lampung Barat dan Sinar Banten dari Kabupaten Tanggamus yang diserahkan langsung oleh Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal.

Turut hadir dalam acara Plh. Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi Lampung, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, Tim Literasi, penggiat Literasi se-Provinsi Lampung. (**/red)