breaking news Baru

Jokowi Pastikan Proses Transisi Pemerintahan Berjalan Mulus

Nasional, Buana Informasi TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan agar proses transisi pemerintahan akan berjalan mulus. Apalagi setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak semua gugatan sengketa Pemilu.

Hasil Pemilu 2024 sendirian memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Hasil ini tinggal ditetapkan langsung saja oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Pemerintah mendukung proses transisi dari pemerintahan sekarang ke nanti pemerintahan baru. Akan kita siapkan. Karena sekarang MK sudah, tinggal nanti penetapan oleh KPU besok ya," beber Jokowi setelah meninjau Peresmian Rehabilitasi dan Rekonstruksi Infrastruktur Pascabencana dan Jalan IJD Sulawesi Barat, Selasa (23/4/2024).

Salah satu bukti transisi yang dilakukan adalah memasukkan program unggulan Prabowo ke dalam prirotas anggaran 2025. Program unggulan tersebut adalah program makan siang gratis.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan sinyal kuat program makan siang gratis bakal masuk dalam APBN 2025. Sri Mulyani bilang pemerintah akan memberikan ruang fiskal untuk program unggulan Prabowo itu pada APBN 2025.

Namun, Sri Mulyani mengatakan belum ada rincian anggaran untuk program ini karena masih akan dibahas lebih lanjut.

"Karena masih di dalam program besar atau pagu besar, itu yang kita lakukan prinsipnya memberikan ruang fiskal bagi kemungkinan program tersebut untuk dijalankan," beber Sri Mulyani usai melakukan pembahasan rencana APBN 2025 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2024) yang lalu.

Sri Mulyani juga mengatakan komunikasi bakal dilakukan secara intensif kepada perwakilan pemerintahan berikutnya.

"Pasti kita komunikasikan karena bagaimanapun juga pemerintah baru dari sisi proses politik dan sisi transisi masih menunggu sampai dengan Oktober," sebut Sri Mulyani. (**/red)