breaking news Baru

Media Asing Soroti Prabowo Rajai Quick Count Pilpres 2024

Nasional, Buana Informasi TV - Media internasional ramai-ramai memberitakan soal pemilihan presiden (pilpres) Indonesia yang digelar hari Rabu (14/2) ini. Pemberitaan sejumlah media fokus pada hasil quick count yang menunjukkan keunggulan pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Rabu (14/2/2024), salah satu media asing yang memberitakan hasil quick count pilpres Indonesia adalah media terkemuka Singapura, The Straits Times, dalam artikel berjudul "Prabowo on track to becoming Indonesia's next president, with two-thirds of sample votes counted".

"Kandidat presiden Indonesia Prabowo Subianto dan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, berada di jalur kemenangan pemilu, dengan keunggulan telak atas pesaing mereka berdasarkan 60 persen sampel suara yang dihitung pada 14 Februari," tulis The Straits Times dalam laporannya.

"Berdasarkan pemilu-pemilu sebelumnya, hal ini bisa menjadi indikator yang dapat diandalkan untuk mengetahui hasil akhir pemilu," demikian ditulis The Straits Times.

Media terkemuka Amerika Serikat (AS), Associated Press, memberitakan keunggulan Prabowo dalam artikel berjudul "Defense Minister Subianto leads in early, unofficial count of Indonesia's presidential race".

"Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki keunggulan kuat dalam penghitungan awal tidak resmi dari pemilihan presiden Indonesia pada Rabu (14/2), yang menunjukkan bahwa mantan jenderal itu mungkin dapat menghindari putaran kedua," sebut Associated Press dalam pembuka artikelnya.

Laporan media terkemuka AS lainnya, CNN, melaporkan hasil quick count pilpres Indonesia dalam artikel berjudul "Early polls point to victory for ex-army strongman leader in Indonesia election".

"Seorang mantan jenderal Angkatan Darat dengan masa lalu yang kontroversial berada di jalur kemenangan pemilu Indonesia, mengamankan mayoritas suara yang diperlukan untuk meraih kemenangan, demikian ditunjukkan oleh hasil awal tidak resmi."

Media Al Jazeera juga turut mengulas hasil quick count pilpres Indonesia dalam live report berjudul "Indonesia election results live: Prabowo 'leads' in race to succeed Jokowi".

"Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapatkan keunggulan kuat dalam pemilihan presiden Indonesia, menurut hasil tidak resmi yang menempatkannya jauh di depan lawan-lawannya, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo," sebut Al Jazeera dalam laporannya.

Diketahui bahwa hasil quick count (hitung cepat) yang dilakukan sejumlah lembaga survei menunjukkan pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran unggul telak. Salah satunya, menurut hasil quick count Litbang Kompas dengan 82,05 persen suara yang masuk per pukul 18.03 WIB, Prabowo-Gibran menempati posisi pertama dengan perolehan suara 58,70 persen. Pasangan ini unggul jauh dari Anies-Cak Imin dengan 25,30 persen suara dan Ganjar-Mahfud dengan 16 persen suara.

Hasil serupa dengan jumlah suara tak jauh berbeda juga ditunjukkan dari hasil quick count beberapa lembaga survei terkemuka lainnya. (**/red)