breaking news Baru

Indonesian AID Tengah Siapkan Kebutuhan Medis Untuk Palestina Tahap Kedua

Nasional,Buana Informasi TV - Pemerintah melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau yang juga dikenal dengan Indonesian AID tengah menyiapkan bantuan kemanusiaan tahap kedua untuk Palestina.

Bantuan kemanusiaan tahap kedua ini diharapkan dapat dikirim pada pekan depan, serta telah dialokasikan sebesar Rp 31,9 miliar atau setara dengan 2 juta dolar Amerika Serikat (AS).

"Nantinya kita kirim dalam bentuk kebutuhan medis berupa obat-obatan dan alat-alat kesehatan yang sekarang ini sangat dibutuhkan oleh warga Palestina, terutama di Jalur Gaza" kata Direktur Utama LDKPI Tormarbulang Lumbantobing dalam keterangannya, Minggu (5/11/2023).

Tor Tobing menjelaskan, bantuan kemanusiaan tahap kedua ini merupakan bagian dari komitmen Indonesia membantu Palestina.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melepas bantuan batch pertama pada Sabtu (4/11/2023) di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Sebagaimana diketahui, Indonesia telah mengirimkan 51,5 ton bantuan batch pertama yang berasal dari pemerintah, pelaku dunia usaha, lembaga swadaya, dan berbagai unsur masyarakat lainnya.

Dukungan Indonesia tersebut merupakan representasi seluruh elemen bangsa.Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, TNI dan Polri, dan juga masyarakat berkolaborasi menghimpun berbagai jenis bahan bantuan, ditambah lagi dengan bantuan tahap berikutnya yang tengah dipersiapkan oleh LDKPI.

Dukungan dari masyarakat internasional, termasuk dari Indonesia sangat dibutuhkan oleh negara tersebut akibat ketegangan Israel-Palestina yang kian memanas.

Selain lebih dari 9.000 korban tewas, tercatat 22.911 warga di Gaza dan 2.281 warga di Tepi Barat mengalami luka-luka sehingga membutuhkan pertolongan medis secepatnya.(**/red)