breaking news Baru

PT Pertamina (Persero) Akan Meluncurkan BBM Jenis Baru Dalam Waktu Dekat

Nasional, Buana Informasi TV - PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan produk baru bioetanol dalam waktu dekat. Bahan bakar ini merupakan Pertamax yang dicampur dengan etanol sebanyak 5%.
Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, nama produk baru tersebut akan disampaikan saat peluncuran.

"Iya betul, jadi Pertamax dicampur etanol 5%, jadi oktan naik. Untuk nama produk nanti tunggu launching," katanya kepada detikcom, Senin (12/6/2023).

Fadjar belum menyampaikan tanggal peluncuran untuk produk tersebut. Meski begitu, dia mengatakan, produk ini akan memiliki research octane number (RON) 95.

Pertamina sendiri sebelumnya memiliki produk dengan RON 95 yakni Pertamax Plus. Diakui Fadjar, produk baru ini memiliki RON yang sama dengan Pertamax Plus tapi memiliki kandungan yang berbeda.

"Iya secara oktan, hanya kandungannya yang beda," katanya.

Senada, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyebut, produk yang akan diluncurkan ini adalah brand baru.

"Ini adalah brand baru. Ini campuran BBM existing dengan etanol," katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, bagi Pertamina, transisi energi bukan sekadar hanya menurunkan karbon emisi, melainkan mewujudkan kemandirian energi. Oleh karena itu, pihaknya akan mengembangkan energi yang berbasis sumber daya alam Indonesia.

Nicke kemudian mengatakan, Pertamina akan meluncurkan bioetanol pada bulan ini.

"Jadi nanti kita di bulan ini, nggak apa-apa ya Pak Alfian kita bocorin dulu, kita mau launching produk baru, yaitu bioetanol. Jadi Pertamax itu kita campur dengan etanol," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/6/2023) lalu. (**/red)