Dalam Rangka HBP Ke-60, Rutan Kelas IIA Lamtim Melakukan Pemeriksaan Kesehatan WBP

Lampung Timur, Buana Informasi TV - Dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, Rutan Kelas II B Sukadana Lampung Timur lakukan pemeriksaan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan setempat, Jumat (19/04/2024).

Kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dilangsungkan di Poliklinik Rutan Kelas II B SukadanaLampung Timur,  melibatkan langsung tenaga kesehatan Rutan Kelas II B Sukadana, LampungTimur.

Kepala Rutan Kelas II B SukadanaLampung Timur, Abdul Aziz menuturkan, kegiatan Pemasyarakatan Sehat melalui pemeriksaan kesehatan bagi WBP dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan WBP.

“Kegiatan Pemasyarakatan Sehat ini adalah sebagai upaya jajaran Pemasyarakatan untuk menjaga dan meningkatkan taraf hidup dan kesehatan seluruh warga binaan," kata Karutan.

Ia menambahkan, kegiatan pemeriksaan kesehatan itu difokuskan pada pemeriksaan tensi atau tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, dan kesehatan mental.

Tak hanya itu, warga binaan juga diberikan penyuluhan terkait tips menjaga kesehatan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

"Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini berjalan dengan aman dan terkendali," tuturnya.

"Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa warga binaan yang terindikasi mengalami gangguan kesehatan tidak perlu dirujuk ke rumah sakit, hanya diberi obat sesuai petunjuk tenaga kesehatan," tambahnya.

Ia meminta kepada tenaga kesehatan Rutan Sukadana untuk melakukan kontrol secara berkala kondisi kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

"Langkah ini diambil dalam rangka memberikan perhatian yang optimal terhadap kesehatan para WBP," jelasnya.

"Dengan melakukan pemeriksaan dan kontrol secara berkala, diharapkan kondisi kesehatan WBP dapat terus termonitor dan dapat ditangani dengan tepat jika terdapat keluhan atau masalah kesehatan lainnya," terangnya.

Selain dalam rangka menyemarakkan HBP ke-60, Karutan menyebut kegiatan cek kesehatan ini juga sebagai upaya dalam pemenuhan hak pelayanan dan juga meningkatkan kualitas kesehatan warga binaan.

“Dengan harapan dapat mewujudkan Pemasyarakatan Sehat, Rutan Sukadana berkomitmen untuk terus menjaga kesehatan dan kesejahteraan para WBP di dalamnya," tutupnya. (**/red)