breaking news Baru

Imigrasi Kelas III Non-TPI Kalianda Menjadikan Desa Bumi Daya Sebagai Desa Binaanya

Lampung Selatan, Buana Informasi TV - Imigrasi Kelas III Non-TPI Kalianda melaksanakan peresmian dan sosialisasi desa binaan Imigrasi Kalianda di Aula Kantor Desa Bumi Daya, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, Selasa (5/3/2024).

Imigrasi menjadikan Desa Bumi Daya sebagai desa binaannya.

Kepala Kantor Imigrasi Kalianda Sargiyono melalui Haryo Sampurno mengatakan, sosialisasi ini memberikan materi terkait fungsi desa binaan Imigrasi.

"Tujuan kegiatan tersebut memberikan materi terkait fungsi desa binaan Imigrasi, Petugas Imigrasi Pembina Desa (Pimpasa), manfaat program desa binaan Imigrasi, serta informasi tentang Keimigrasian kepada tamu undangan yang terdiri dari Kepala Desa Bumi Daya, perangkat Desa Bumi Daya, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Bumi Daya, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta perwakilan guru dan siswa SMK PGRI Bumi Daya," kata Haryo, Rabu (6/3/2024).

Haryo menjelaskan alasan pihaknya memilih Desa Bumi Daya sebagai desa binaan Imigrasi.

"Karena Desa Bumi Daya itu sendiri termasuk salah satu desa di Kabupaten Lampung Selatan yang memiliki banyak purna PMI. Di sana juga sudah terdapat posko dari BP3MI. Yang mana kita bisa saling berkoordinasi dan berkomunikasi terkait informasi-informasi terkait peraturan keimigrasian itu sendiri, atau pun informasi terkait masyarakat desa yang ingin bekerja di luar negeri bisa mendapat informasi valid atau tepercaya dari teman-teman BP3MI," katanya.

"Dan ke depannya, tindak lanjut dari pembentukan desa binaan keimigrasian ini adanya Petugas Imigrasi Pembina Desa (Pimpasa) yang bertugas memberikan pemahaman informasi terkait keimigrasian bagi petugas di desa dan masyarakat yang mana lokasi rumah mereka jauh dari kantor imigrasi," sambungnya.

Sehingga masyarakat hanya tinggal datang ke kantor desa untuk mendapatkan informasi dan pemahaman terkait keimigrasian.

Setelah sosialisasi, kegiatan dilanjutkan dengan peresmian ruang sekretariat Desa Binaan Imigrasi di Balai Desa Bumi Daya. (**/red)