breaking news Baru

Usai lawatannya ke China Jokowi Di agendakan bertemu Putra Mahkota Arab Saudi

Nasional, Buana Informasi TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan bertemu Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) usai lawatannya ke China. Jokowi akan terbang ke Arab Saudi pada 18 Oktober 2023 dari China.
"18 Oktober saya melanjutkan perjalanan ke Riyadh, Arab Saudi untuk melakukan kunjungan bersama putra mahkota Perdana Menteri Arab Saudi dan memimpin KTT pertama ASEAN-GCC (Gulf Countries Council)," kata Jokowi, seperti disiarkan YoTube Sekretariat Presiden, Senin (16/10/2023).

Jokowi dan MBS akan membahas beberapa isu termasuk peningkatan kerja sama ekonomi, energi dan investasi. Presiden dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 21 Oktober 2023.

"Sejumlah kerja sama dengan Kerajaan Arab Saudi akan saya bahas, antara lain peningkatan kerja sama ekonomi dan investasi, penjaminan produk halal, energi dan pembentukan dewan koordinasi tertinggi," ujarnya.

"Pada tanggal 21 Oktober Insyaallah saya dan rombongan terbatas akan sampai di Indonesia," lanjutnya.

Sebelumnya, Jokowi direncanakan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di China. Ia juga direncanakan menghadiri Belt and Road Forum for International Cooperation yang ke-3.

"Hari ini saya dan delegasi akan melakukan kunjungan kerja ke Beijing, RRT dan Riyadh Kerajaan Arab Saudi. Dua acara besar di Beijing tanggal 17-18 Oktober yaitu kunjungan bilateral dan bertemu Presiden Xi Jinping dan hadir di Belt and Road Forum for International Cooperation yang ke-3," ujar Jokowi, dikutip detikcom Senin (16/10/2023).

Dalam video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, tampak mendampingi Jokowi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (**/red)