breaking news Baru

Pemkab Lampung Selatan akan membangun jalan poros di Kecamatan Tanjungsari

Lampung Selatan, Buana Informasi TV - Pemkab Lampung Selatan akan membangun jalan poros di Kecamatan Tanjungsari, Lampung Selatan.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan pihaknya berkomitmen untuk membangun jalan yang lebih baik dan memadai.

"Pembangunan jalan ini akan segera dimulai, dengan fokus awal pada pembuatan parit agar tidak terjadi genangan air," kata Nanang saat jelaskan tentang tahap awal pekerjaan jalan poros Tanjungsari, Minggu (16/7/2023).

Dirinya berharap pemerintah daerah dan masyarakat bisa saling bergotong royong untuk membangun jalan dan menjaga lingkungan jalan tersebut.

Lebih lanjut Nanang menjelaskan dengan adanya jalan yang baik, aksesibilitas ke desa akan meningkat dan akan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, pertanian, dan usaha mikro kecil menengah di wilayah tersebut.

Nanang mengimbau kepada masyarakat yang memiliki kendaraan dengan muatan berlebihan untuk tidak melewati jalan itu.

"Jalan ini untuk kepentingan masyarakat, bukan untuk kepentingan pengusaha. Kita harus tegas, bahkan mungkin perlu dipasang portal, supaya truk dengan tonase besar tidak lewat sini," tegas Nanang Ermanto.

Anggota Dewan Lampung Selatan, Asmara, mengatakan bahwa rencana pembangunan jalan poros Tanjungsari telah lama diusulkan oleh para anggota dewan dapil 6.

"Kami, anggota dewan dapil 6, terutama dari Komisi Anggaran (Banggar) seperti Pak Dwi Riyanto, Pak Hamdani, dan Pak Benny, telah berjuang bersama-sama," katanya.

"Alhamdulillah, bupati memastikan bahwa jalan ini segera dibangun dengan menggunakan anggaran APBD yang masuk dalam perencanaan tahun 2023," ujarnya.

Pembangunan infrastruktur Jalan Poros Ruas Tanjung Sari, Lampung Selatan tepatnya dari Jalan Ir Sutami menuju Gerbang Desa Kertosari dipercepat.

Pembangunan infrastruktur Jalan Poros Ruas Tanjung Sari, Lampung Selatan tepatnya dari Jalan Ir Sutami menuju Gerbang Desa Kertosari itu menggunakan dana yang dialokasikan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Pembangunan infrastruktur Jalan Poros Ruas Tanjung Sari, Lampung Selatan tepatnya dari Jalan Ir Sutami menuju Gerbang Desa Kertosari untuk merealisasikan e-Pokir (pokok-pokok pikiran) yang menjadi aspirasi masyarakat ke anggota DPRD Lampung Selatan.

Pembangunan infrastruktur Jalan poros ruas Tanjung Sari, Lampung Selatan tepatnya dari Jalan Ir Sutami menuju Gerbang Desa Kertosari tersebut, dianggarkan dengan pagu anggaran perencanaan senilai Rp1 miliar.

Pagu anggaran perencanaan senilai Rp1 miliar itu dari e-Pokir aspirasi masyarakat ke anggota DPRD Lampung Selatan, Imam Rohadi, yang berasal dari daerah pemilihan (Dapil) VI meliputi Kecamatan Tanjung Sari, Tanjung Bintang, dan Merbau Mataram.

Anggota Fraksi PKS DPRD Lampung Selatan Imam Rohadi mengatakan, setiap anggota DPRD Lampung Selatan memiliki Pokir dari aspirasi masyarakat, untuk diajukan prioritasnya sesuai kebutuhan atau aspirasi masyarakat.

"Saya prioritaskan Pokir itu untuk membangun jalan poros Kertosari-Tanjung Sari. Pembangunan jalan itu sepanjang 512 meter dengan lebar bentang 4 meter, dan ketebalan 20 Centimeter," kata Imam.

Menurutnya, pembangunan jalan itu dilakukan, mengingat jalan masuk Desa Kertosari ini menjadi akses utama gerbang masuk Kecamatan Tanjung Sari.

"Jalan itu juga menjadi akses jalan pendidikan dan perekonomian, sehingga tiap hari dilewati banyak kendaraan dengan muatan berat, sehingga perlu kualitas rabat beton terbaik," ujar Imam Rohadi.

Imam menyebut pembangunan jalan poros Kertosari-Tanjung Sari itu direncanakan dimulai dalam waktu dekat.

Diketahui pembangunan jalan poros Kertosari-Tanjung Sari itu diawali dengan pengukuran titik nol.

Lalu, mengukur panjang, dan lebar tanah, bersama kontraktor, konsultan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lampung Selatan, UPT Tanjung Sari, dan disaksikan masyarakat setempat. (**/red)