breaking news Baru

Ardito Wijaya Kembali Dapat Gelar Adat Marga Unyi Gunung Sugih

Lampung Tengah, buanainformasi.tv - Ardito Wijaya kembali mendapatkan gelar adat Lampung dari tokoh adat Marga Unyi Gunung Sugih menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lampung Tengah 2024.

Setelah mendapat gelar Rajo Dermawan dalam adat Lampung Pepadun Kampung Bumiaji, Ardito Wijaya mendapatkan gelar Pengiran Ratu Wijaya dari Marga Unyi Gunung Sugih, Sabtu (7/9/2024).

Ketua Adat Marga Unyi Gunungsugih Muhtaridi Putra Negara bergelar adat Pengiran Ratu Negara mengatakan, pemberian gelar adat kepada Ardito Wijaya berlangsung di rumah adat Marga Unyi Gunungsugih.

Dalam acara tersebut pun disaksikan seluruh penyimbang adat hingga masyarakat Kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Gunung Sugih, Lampung Tengah.

"Dengan pemberian gelar adat kepada Ardito Wijaya maka beliau telah resmi menjadi saudara kami. Dengan begitu, kami akan selalu ada untuk beliau baik dalam keadaan suka maupun duka," kata Muhtaridi Putra Negara, Minggu (8/9/2024).

Dengan kata lain, kata Muhtaridi, dirinya dan para tokoh adat lainnya akan mendukung langkah yang sedang ditempuh Ardito Wijaya untuk maju pada kontestasi Pilkada Lampung Tengah 2024-2029.

Dengan begitu, lanjutnya, seluruh elemen masyarakat di wilayah setempat diharapkan untuk kompak dan siap membantu Ardito Wijaya baik dalam keadaan suka maupun duka, seperti layaknya saudara sendiri.

Sementara, Ardito Wijaya mengatakan bahwa dirinya sangat mengagumi adat Lampung, terutama pada budaya kekeluargaan adat yang sangat kental.

"Pedoman hidup atau piil pesenggiri yang dipegang oleh orang Lampung sangat perlu dijadikan contoh dan diterapkan dalam kehidupan sosial di tengah masyarakat yang majemuk," ungkapnya.

Ardito mengaku, dia sangat bersyukur bisa mendapatkan dukungan dari seluruh tokoh Adat Marga Unyi Gunungsugih, melalui pemberian gelar adat Lampung di Marga Unyi Gunungsugih.

"Sejatinya ini merupakan suatu kehormatan yang murni diberikan oleh para tokoh adat untuk saya. Yang mana sebelumnya ayah saya H Ahmad Pairin pun punya hubungan dekat dengan keluarga besar di Marga Unyi Gunungsugih. Saya bersama keluarga besar ingin terus menjaga rasa kekerabatan ini," kata Ardito.

"Oleh karena itu, dengan bersilaturahmi dan duduk bersama ini saya berharap rasa kekeluargaan ini akan terus terjaga sampai ke anak cucu nanti," pungkasnya.(**/red)