breaking news Baru

Tim Gabungan Padamkan Kebakaran Lahan Seluas 4 Hektare Di TNWK Lampung Timur

Lampung Timur, Buana Informasi TV – Kebakaran hutan, dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) pada Minggu (28/7/2024) lalu.

Karhutla itu terjadi di seleksi PTN Wilayah Way Kanan, Resort Susukan Baru, Desa Rantau Jaya Udik II, Kecamatan Sukadana, Lampung Timur.

Mitra TNWK, Sumari mengatakan, kepulan asap alang-alang, dan semak belukar terjadi sekira pukul 16.30 WIB melalui menara pantau.

Usai melihat kepulan asap tersebut, lanjut dia, pihaknya menghubungi Babinsa Koramil.

“Setelah memastikan kepulan asap tersebut merupakan musibah kebakaran pihaknya langsung menghubungi Babinsa Koramil 429-05/Sukadana Kodim 0429/Lamtim, Sertu Indra, dan Serda Agus, mitra (Alert TNWK) serta warga masyarakat Rantau Jaya Udik,” ujarnya, Senin (29/7/2024).

Dikarenakan lokasi yang sulit dijangkau, para mitra, warga, dan Babinsa menggunakan alat seadanya dalam memadamkan api.

“Jauh dan susahnya masuk lokasi, kemudian dengan alat seadanya seperti tangki gendong, gepyokan, dan sepeda motor (Bentor) personil gabungan pada pukul 17.00 WIB mulai memadamkan api yang sudah mulai membakar lahan,” tuturnya.

Setelah berjibaku selama kurang lebih 2,5 jam api berhasil dipadamkan.
“Tepatnya pada pukul 18 20 WIB api berhasil dipadamkan yang sudah membakar seluas kurang lebih 4,98 hektare lahan oleh personil gabungan yang berjumlah 20 Orang,” tukasnya.

Selain melaksanakan pemadaman, tim gabungan juga melaksanakan kegiatan mencari dan memadamkan sisa api sekecil apapun di area lokasi bekas kebakaran.

Sementara, Dandim 0429/Lamtim, Letkol Arm Arief Budiman, mengapresiasi Babinsa yang sudah gerak cepat turut serta memadamkan kebakaran di wilayah TNWK.

“Gerakan cepat Babinsa bersama tim gabungan saya apresiasi, sehingga kebakaran yang terjadi di wilayah TNWK tidak meluas dan berhasil dipadamkan,” kata Dandim.

Dandim meminta Babinsa untuk profesional dalam menjalankan tugas sehari-hari, terutama dalam menanggapi masalah Karhutla.

“Babinsa tidak hanya fokus pada tugas kemiliteran, tetapi juga harus sigap dan tanggap termasuk memberikan edukasi kepada masyarakat,” bebernya.

“Terhadap kasus Karhutla yang berada di wilayah Teritorial Kodim 0429/Lamtim sehingga tidak akan berulang kali terjadi,” pungkasnya. (**/red)