breaking news Baru

Pj Bupati Lampung Barat Nukman Sangat Antusias Menyaksikan Lomba Tari Sekura Hingga Orkes Gambus Di Festival Sekala Bekhak ke-10

Lampung Barat, buanainformasi.tv - Pj Bupati Lampung Barat Nukman sangat antusias menyaksikan penampilan lomba tari sekura hingga orkes gambus di Festival Sekala Bekhak ke-10.

Diketahui, Pj Bupati Lampung Barat Nukman hadir langsung untuk menyemarakan malam pertama Festival Sekala Bekhak di Lapangan Merdeka, Kecamatan Balik Bukit, Minggu (21/7/2024) malam.

Pada momen itu, Pj Bupati Lampung Barat Nukman memberi apresiasi atas terlaksanakannya pagelaran lomba budaya asli di Festival Sekala Bekhak tersebut.

"Momentum peringatan Festival Budaya Sekala Bekhak ini merupakan salah satu upaya mempertahankan budaya kita,” ujarnya.

“Dimana kita dapar menggali, mempelajari dan melestarikan budaya asli ini agar tidak hilang dengan berkembangnya zaman," sambungnya.

Ia juga mengingatkan para peserta dalam mengikuti perlombaan untuk selalu menjaga kondusivitas bersama.

Sebab menurutnya, selain melestarikan budaya, tujuan utama event itu juga untuk memberikan hiburan tontonan kepada masyarakat Lampung Barat. 

Nukman berharap, masyarakat Lampung Barat tetap dapat menjunjung tinggi mempertahankan budaya asli di Bumi Sekala Bekhak.

"Budaya kita yang indah jangan sampai hilang. Bahkan budaya sekura yang kita punya saat ini sudah mendunia, kita patut bersyukur dan bangga," pungkasnya.

Sebagai informasi, Festival Budaya Sekala Bekhak digelar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat selama tiga hari mulai pada 21 hingga 23 Juli 2024. 

Perlombaan seni budaya yang diadakan di antaranya nyambai, orkes gambus, hadra, ngelemang, dan tari pesta sekura cakak buah. 

Di malam pertama, dilakukan perlombaan tari sekura dan orkes gambus yang diikuti oleh peserta yang tersebar di 15 kecamatan.

Terlihat para peserta lomba tampak lebih semangat dalam mengikuti perlombaan baik tari sekura maupun orkes gambus.

Masyarakat terlihat sangat antusias menyaksikan langsung perlombaan. Sesekali mereka memadati lokasi hingga ke luar batas.

Sebelumnya, Perhelatan Festival Sekala Bekhak ke-10 yang digelar Pemkab Lampung Barat kini menjadi ajang promosi budaya asli Lampung Barat.

Hal itu disampaikan Asisten III Bidang Adminitrasi Umum Ismet Inoni saat Pembukaan Festival Sekala Bekhak di Lapangan Merdeka, Kecamatan Balik Bukit, Minggu (21/7/2024).

“Festival Sekala Bekhak merupakan ajang tahunan Pemkab Lampung Barat. Kini sudah berjalan 10 tahun,” ujarnya.

“Festival ini digelar sebagai salah satu wujud dan misi Kabupaten Lampung Barat yaitu menjadikan kota Liwa sebagai kota budaya," sambungnya.

Ismet Inoni menjelaskan, rangkaian perhelatan Festival Budaya Sekala Bekhak menyajikan budaya asli Bumi Sekala Bekhak.

Hal itu dilakukan bertujuan untuk menggali, melestarikan dan memperomosikan seni budaya tradisi serta adat istiadat yang asli di Lampung Barat.

"Sehingga berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Lampung Barat yang dijuluki Negeri di Atas Awan ini,” tuturnya.

“Tentunya dengan harapan dapat berpengaruh besar terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," harapnya. (**/red)