breaking news Baru

Erick Jamin Stok Beras Bulog Cukup Buat Ramadhan-Idul Fitri

Nasional, Buana Informasi TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjamin ketersediaan beras Bulog untuk masyarakat. Ia mengatakan stok beras Bulog cukup untuk Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

"Stok beras Bulog saat ini ada sebanyak 1,2 juta ton kemudian masih ada stok dalam perjalanan sebanyak 500 ribu ton serta masih ada kuota penugasan pengadaan impor dari pemerintah maka jumlahnya akan makin kuat untuk kebutuhan penyaluran guna mempertahankan stabilitas harga beras di masyarakat," ucap Erick di Robinson Ramayana Ciplaz Klender, Jakarta Timur, Senin (12/2/2024).

Pada awal 2024, Erick mengatakan pemerintah sudah menggelontorkan sebanyak 220 ribu ton beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP). Berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo, sebanyak 250 ribu ton beras SPHP pun bakal digelontorkan mulai hari ini.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir terkait pasokan beras ini," terang Erick.

Direktur Utama Bulog, Bayu Krisnamurthi, lantas menjelaskan bahwa pihaknya akan memaksimalkan penugasan impor 2 juta ton beras dari pemerintah. Hal itu akan dikelola dengan baik untuk menjaga stabilitas harga beras.

Dengan berbagai upaya tersebut, ia optimis pemerintah bisa meredam gejolak harga beras imbas siklus panen dalam negeri dan kondisi geopolitik global.

"Izin impor beras kepada Bulog ini berlaku sepanjang tahun jadi akan kami kelola dengan baik agar tidak mempengaruhi harga petani saat panen raya nanti dan juga tetap menjaga stabilitas harga di tingkat konsumen," pungkasnya. (**/red)