breaking news Baru

Polisi Bandar Lampung Belum Dapat Permintaan Pelaksanaan Tes CPNS Anti Joki

Bandar Lampung, buanainformasi.tv - Ditreskrimsus Polda Lampung belum terima permintaan pengamanan untuk pelaksanaan tes CPNS antisipasi perjokian. 

Dirreskrimsus Polda Lampung Kombes Pol Donny Arief Praptomo mengatakan, pihaknya sampai saat ini belum menerima permintaan pengamanan oleh instansi terkait.

"Kami sampai saat ini tidak ada permintaan untuk pengamanan, kalau kami bersedia dan siap dalam memberikan rasa aman dalam prosesi seleksi cpns," ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (20/8/2024). 

Ia mengatakan, proses CPNS merupakan kewenangan dari pemerintah dan polisi sifatnya pengamanan saja jika dibutuhkan. 

Pada tes CPNS tahun lalu polisi mengamankan para pelaku joki CPNS. 

Sebelumnya, Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Lampung, Ricky Ramadhan mengatakan, pihaknya Pengamanan Sumber Daya Organ (Pam SDO) intelijen Kejati Lampung bersama panitia CPNS menangkap joki tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) CPNS Kejaksaan 2023.

"Pada hari Senin tanggal 13 Nopember 2023, bertempat di Gedung Graha Achava Join Jalan Pramuka Nomor 27, Gang Bukit Alam Permai, Rajabasa, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung, telah diselenggarakan Tes SKD CPNS Kejaksaan 2023 berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT)," kata Ricky. 

Joki ini terungkap saat Tim PAM SDO Intelijen Kejati Lampung bersama panitia pengawas tes menemukan kejanggalan pada salah seorang peserta.

"Ketika peserta tersebut akan melakukan registrasi pengambilan PIN dan pada aplikasi ditemukan terjadi ketidakcocokan wajah asli dengan foto pada data aplikasi," kata Ricky. 

Pelaku joki ini merupakan wanita berinisial RT (20) kemudian ditangkap di lokasi sekitar pelaksanaan tes pukul 15.00 Wib. 

Pelaku langsung diamankan oleh Tim PAM SDO Intelijen Kejati Lampung.(**/red)