breaking news Baru

Hari Jadi Kab. Pesawaran Ke-17, DPRD Kab. Pesawaran Gelar Rapat Paripurna

Pesawaran, Buana Informasi TV - Memperingati hari jadi Kabupaten Pesawaran ke-17, tahun 2024, DPRD Kabupaten Pesawaran menggelar rapat paripurna istimewa, Rabu (17/7/2024)

Paripurna dipimpin langsung oleh ketua DPRD Pesawaran Suprapto, didamping Wakil Ketua I Paisaludin, Wakil Ketua II Musanif Yasir Samsurya Wakil Ketua III Zulkarnaen, serta anggota dewan.

Rapat paripurna itu juga dihadiri Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, wakil bupati Pesawaran Marzuki, Perwakilan Pj. Gubernur Lampung yang di wakili oleh Staf ahli gubernur bidang pemerintahan dan hukum dan politik, Ganjar jationo, Sekdakab Wildan,kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  dan Forkopimda.

Seperti diketahui pada rapat paripurna itu Bupati Dendi Ramadhona nampak memaparkan prihal terbentuknya Kabupaten Pesawaran, Bahwa proses terbentuknya Kabupaten Pesawaran memerlukan proses yang cukup panjang.

“Berkat kegigihan perjuangan dari Panitia Pelaksana Persiapan Kabupaten Pesawaran (P3KP), maka terbitlah beberapa kebijakan yang mendukung terbentuknya Kabupaten Pesawaran. Dari beberapa tahapan kebijakan tersebut, maka pada tanggal 17 Juli 2007, DPR RI menyetujui Pembentukan Kabupaten Pesawaran,”Terang Dendi.

Ia menjelaskan terbentuknya Kabupaten Pesawaran sendiri, berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2007 tanggal 10 Agustus 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Pesawaran di Provinsi Lampung. 

“Dan dalam rentang sejarah perjalanan otonomi daerah di Kabupaten Pesawaran yang kini telah berjalan selama 17 tahun, para tokoh pemimpin dan pejuang telah berkarya silih berganti,”ucapnya. 

Lebih lanjut ia menuturkan pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat di daerah ini diawali kerja keras dan tetes keringat para perintis yang tergabung dalam Panitia Pelaksana Persiapan Pemekaran Kabupaten Pesawaran (P3KP). 

“Untuk itu, melalui  kesempatan ini saya sampaikan penghargaan dan apresiasi  yang setinggi-tingginya kepada panitia pemekaran kabupaten Pesawaran dan kepada para mantan pejabat pemerintahan yang telah memberikan kontribusinya melalui pemikiran dan karya dalam membangun Pesawaran,”ungkapnya.

Diketahui peringatan hari jadi Pesawaran tahun 2024 masih mengusung tema yang sama dengan tahun lalu, yaitu  “Pesawaran Bumi Wisata Sejuta Pesona”. 

“Dengan potensi bentang alam dan Pariwisata yang demikian besar, kita harus yakin dan percaya diri untuk bangkit dan berkembang. Secara keseluruhan, pengembangan pariwisata di Kabupaten Pesawaran akan memberikan dampak positif bagi sektor UMKM, dan dengan semakin populernya objek wisata,”Imbuhnya

 Tahun 2021, lanjut dendi Perekonomian daerah mulai menggeliat dan sektor-sektor ekonomi potensial seperti Pertanian, Industri Pengolahan, dan Perdagangan Besar dan Eceran kembali bangkit, sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi pada tahun 2023 sebesar 4,49%. 

“Kita patut bersyukur bahwa pertumbuhan ekonomi  Kabupaten Pesawaran Pasca Covid 19, Begitu pula dengan tingkat kemiskinan yang telah menunjukkan tren perkembangan yang baik hingga pada tahun 2023 telah mencapai 12,89%, dengan penurunan terbanyak kedua di provinsi Lampung sebesar 0,96%,”paparnya.

“Kami menaruh hormat sekaligus mengucapkan terima kasih kepada dewan yang terhormat yang selalu mengingatkan kami akan komitmen dan tekad kita bersama untuk membangun Pesawaran tercinta,” tambah Dendi. (ADV)