breaking news Baru

Perhelatan Festival Sekala Bekhak Ke-10 Yang Digelar Pemkab Lampung Barat Kini Menjadi Ajang Promosi Budaya

Lampung Barat, buanainformasi.tv - Perhelatan Festival Sekala Bekhak ke-10 yang digelar Pemkab Lampung Barat kini menjadi ajang promosi budaya asli Lampung Barat, Lampung.

Hal itu disampaikan Asisten III Bidang Adminitrasi Umum Ismet Inoni saat Pembukaan Festival Sekala Bekhak di Lapangan Merdeka, Kecamatan Balik Bukit, Minggu (21/7/2024) kemarin.

“Festival Sekala Bekhak merupakan ajang tahunan Pemkab Lampung Barat. Kini sudah berjalan 10 tahun,” ujarnya mewakili Pj Bupati Lampung Barat Nukman.

“Festival ini digelar sebagai salah satu wujud dan misi Kabupaten Lampung Barat yaitu menjadikan kota Liwa sebagai kota budaya," sambungnya.

Djelaskan Ismet Inoni rangkaian perhelatan Festival Budaya Sekala Bekhak menyajikan budaya asli Bumi Sekala Bekhak.

Hal itu dilakukan bertujuan untuk menggali, melestarikan dan memperomosikan seni budaya tradisi serta adat istiadat yang asli di Lampung Barat.

"Sehingga berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Lampung Barat yang dijuluki Negeri di Atas Awan ini,”

“Tentunya dengan harapan dapat berpengaruh besar terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," harapnya. 

Sebaga informasi, tahun ini pihaknya mengakat tema "Sekura The Mask Of Nation, Seni Tradisi Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Mendatang" dalam frstival itu.

"Kegiatan akan berlangsung dari tanggal 21 sampai dengan 23 Juli. Dengan menggelar perlombaan seni budaya asli kita,”

“Yakni diantaranya seperti nyambai, orkes gambus, hadra, ngelemang, tari pesta sekura cakak buah dan lainnya," terangnya. 

Ia merasa bangga karena masyarakat Lampung Barat masih banyak yang ingin mempertahankan kebudayaannya sendiri.

“Sebab saat ini zaman semakin berkembang, namun masyarakat tetap dapat mempertahankan kebudayaan yang ada,”

“Kebudayaan ini terwaris dari ratusan tahun silam bahkan masih terlestari, berkembang dan menjadi sajian aktraksi di Bumi Sekala Bekhak,”

Diketahui, Festival Budaya Sekala Bekhak yang ke-10 ini menjadi festival di Lampung Barat yang empat kali dalam Karisma Event Nusantara (KEN).

Masyarakat tentunya harus berbangga, apalagi festival tersebut telah masuk KEN dari pemerintah pusat salam empat tahun berturut.

"Menjadi kebanggaan bagi kita semua Event Festival Budaya Sekala Bekhak ini sudah yang keempat kalinya dari 2021 sampai dengan 2024,”

“Festival ini menjadi salah satu dari ratusan bahkan ribuan event dalam 100 event bermutu baik di Nusantara dalam program KEN,”

Kendati begitu, ia meminta agar pemerintah hingga masyarakat Lampung Barat untuk tidak cepat merasa puas.

Ia pun berharap agar semua elemen di Lampung Barat bisa semangat dalam membangun Lampung Barat pasca pandemi covid-19.

"Berbagai bidang utamanya dari sektor Pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif serta UMKM demi mewujudkan Lampung Barat yang lebih hebat," pungkasnya. (**/red)