breaking news Baru

KPU Bantah Isu Kunker Ke Eropa

Nasional, buanainformasi.tv - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mengungkap adanya isu KPU menyurati KBRI-KBRI di negara Eropa untuk tujuan kunjungan kerja (kunker). Isu tersebut pun langsung dengan cepat dibantah oleh KPU.

"Ada apa dengan KPU RI? Bersurat ke KBRI di beberapa negara Eropa untuk melakukan kunker. Pileg, pilpres sudah selesai. PPLN sudah dibubarkan," kata Junimart, Selasa (9/7).

Junimart mengaku mendapatkan informasi itu dari salah satu KBRI di Eropa. Dia pun meminta semua KBRI yang disurati KPU untuk menolak permintaan kunker tersebut.

"Saya tegas menyampaikan kepada semua KBRI menolak kunjungan-kunjungan KPU tersebut. Pemilu (pileg, pilpres) sudah tuntas selesai. PPLN sudah dibubarkan. Ini pemborosan anggaran," tegasnya.

Dia menekankan Komisi II DPR akan mengawasi ketat gerak-gerik KPU. Dia menyoroti hobi KPU yang kerap ke luar negeri.

"KPU ini mesti diawasi ketat. Menurut saya hobi ke luar negeri dengan alasan macam-macam," ujar dia.

Dia juga memastikan pihaknya akan melibatkan BPK atau BPKP untuk melakukan pemeriksaan terkait anggaran KPU. "Sesegera mungkin kami minta BPK atau BPKP mengaudit penggunaan anggaran KPU," imbuhnya.

KPU Membantah

Plt Ketua KPU Mochamamd Afifuddin buka suara terkait isu rencana kunjungan kerja KPU ke Eropa. Afifuddin mengatakan semua Komisioner KPU saat ini berada di Indonesia.

"Kami semua di Indonesia," kata Afifuddin, Selasa (9/7).

Dihubungi terpisah, Komisioner KPU, Idham Kholik, juga membantah kabar adanya kunjungan kerja yang akan dilakukan KPU ke Eropa dalam waktu dekat. Idham mengatakan KPU saat ini masih fokus dalam tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024.

"KPU kini fokus laksanakan Pemungutan Suara Ulang tindak lanjut Amar Putusan MK atas PHPU (Perselisihan Hasil Pemilu) Legislatif dan laksanakan tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak Nasional 2024," kata Idham.

Idham lantas menjelaskan agendanya di pekan ini. Dia menjabarkan kegiatannya adalah berkunjung ke daerah yang berkaitan dengan penyelenggaraan pilkada.

"Esok (hari ini) saya ke Riau isi Bimtek Pencalonan dan sekaligus melihat persiapan PSU di Rokan Huku Riau. Selama ini kami fokus selenggarakan Pilkada. Bisa dicek di Instagram KPU," katanya.

"13 Juli saya monitoring di Kota Tarakan selanjutnya saya juga akan memberikan bimbingan teknis di KPU provinsi lainnya," sambung Idham. (**/red)