breaking news Baru

Panas! Balas Serangan Israel, Hizbullah Kirim Puluhan Roket

Nasional, buanainformasi.tv - Kelompok Hizbullah di Lebanon kembali meluncurkan puluhan roket ke Israel utara pada hari Selasa (2/7) waktu setempat. Ini sebagai pembalasan atas serangan Israel yang menewaskan seorang warga sipil di selatan negara itu.

Israel dan Hizbullah, sekutu kelompok Hamas, hampir setiap hari saling baku tembak lintas perbatasan sejak serangan Hamas ke Israel yang memicu perang di Jalur Gaza.

"Para petempur Hizbullah meluncurkan puluhan roket Katyusha ke barak tentara di Israel utara sebagai tanggapan terhadap serangan musuh Israel... dan pembunuhan warga sipil", kata kelompok perlawanan Lebanon tersebut dalam sebuah pernyataan, Rabu (3/7/2024).

Militer Israel mengidentifikasi "sekitar 15 proyektil... melintasi dari Lebanon, dan 10 berhasil dicegat tanpa menimbulkan korban," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Militer Israel juga mengatakan pihaknya menyerang "struktur militer Hizbullah" di daerah perbatasan desa Yarin.

Sebelumnya, juga pada hari Selasa, media pemerintah Lebanon, seorang pejabat dan seorang menteri Lebanon mengatakan serangan Israel menewaskan seorang warga sipil di selatan negara itu.

"Serangan yang menargetkan Bustan menewaskan seorang warga sipil," kata media National News Agency, setelah sebelumnya melaporkan bahwa pesawat tempur Israel menyerang desa tersebut.

Walikota Bustan Adnan Ahmed mengatakan kepada AFP bahwa serangan tersebut menewaskan Muhieddin Abu Dallah, seorang petani berusia 50-an tahun, dan merusak rumah serta mesin pertaniannya.

Bentrokan lintas batas antara Hizbullah dan Israel telah menewaskan 493 orang di Lebanon, sebagian besar dari mereka adalah para petempur tetapi juga termasuk 95 warga sipil, menurut penghitungan AFP.

Di pihak Israel, menurut pihak berwenang, setidaknya 15 tentara dan 11 warga sipil tewas.

Kekhawatiran meningkat bahwa bentrokan lintas batas tersebut dapat berubah menjadi konflik besar-besaran. (**/red)