breaking news Baru

Koalisi Banten Maju Mencuat Jelang Pilkada 2024

Jakarta, buanainformasi.tv - Pilkada 2024, termasuk di Banten, semakin memanas. Terkini, Partai Gerindra mulai berencana membuat Koalisi Banten Maju untuk mengusung calon-calonnya di Banten.
Rencana tersebut disampaikan oleh Ketua Harian Partai Gerindra Dasco, Minggu (30/6) kemarin. Dia mengatakan pekan depan akan deklarasi bersama bakal peserta pilkada di Banten dengan nama Koalisi Banten Maju.

"1 minggu dari sekarang kita akan deklarasi bersama, tadi sudah ditawarkan tempatnya di tempat Bang Wahidin (Wahidin Halim), calon gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota dari Koalisi Banten Maju," kata Dasco saat mengusung bakal pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah untuk Pilgub Banten di Tangerang Selatan.

Pada pekan ini Gerindra akan duduk bersama dengan partai lain untuk pilkada wilayah Banten. Akan dipetakan juga partai mana saja yang akan berkoalisi dan teknis dukungan untuk calonnya.

"Dalam satu minggu ini kita akan memetakan partai mana koalisi dengan mana, mana yang kuat mana yang ngalah, mana yang kuat yang kita dukung," kata dia.

Hal itu untuk mengisi siapa saja calon-calon yang sudah diusung, namun belum memiliki pasangan. Untuk itu, Dasco meminta agar para partai yang ada untuk duduk bersama mendiskusikan hal tersebut.


Dalam acara pengusungan Andra Soni-Dimyati Natakusumah turut hadir Waketum PAN, Yandri Susanto, Ketua DPW NasDem Banten, Wahidin Halim, Dewan Pembina PSI, Isyana Bagoes Oka, Ketua DPW PKS Banten, Gembong R Sumedi. Dasco mengatakan sudah ada dukungan dari PKB dan PPP serta penajajakan dengan Partai Demokrat.

"Yang belum hadir tapi sudah menyatakan dukungan, masih ada dari Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, dan masih dalam komunikasi Partai Demokrat," kata dia.

"Mudah-mudahan semuanya akan ikut bersama-sama kita dalam Koalisi Banten Maju," tambahnya.

 

Tak hanya itu, Partai Gerindra juga kini telah resmi mengusung duet Andra Soni dan Dimyati Natakusumah sebagai bakal cagub dan cawagub Pilgub Banten 2024. Sejumlah partai ternyata turut serta mendukung keduanya.

Penyerahan dukungan oleh Gerindra di kawasan Tangerang Selatan, Minggu (30/6), yang dihadiri oleh perwakilan NasDem, PSI, PAN dan PKS. Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan meski PKB dan PPP tidak hadir, namun telah menyatakan dukungan.

"Yang belum hadir tapi sudah menyatakan dukungan, masih ada dari Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, dan masih dalam komunikasi Partai Demokrat," kata Dasco dalam sambutannya.

Sementara itu, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, berterima kasih kepada partai lain yang telah datang dan mau mengusung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah. Sedangkan dengan partai lain masih ada proses pembicaraan.

"Kemudian kami bersyukur berterima kasih kepada partai-partai yang menyertai untuk mendukung pasangan ini ada PKS, PAN, NasDem, PSI, Insyaallah beberapa partai lain dalam proses pembicaraan," ujarnya.

Muzani mengatakan telah menyerahkan rekomendasi kepada Andra Soni-Dimyati Natakusumah untuk maju dalam Pilgub Banten. Rekomendasi itu telah ditandatangani oleh Ketum Gerindra, Prabowo Subianto.

"Jadi kami mengusung beserta partai koalisi yang menyertainya dan yang kami serahkan tadi adalah rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra," ujarnya. (**/red)