breaking news Baru

Progres Pembangunan Istana Dan Kantor Presiden Di IKN Sudah Hampir Selesai

Nasional, buanainformasi.tv - Pembangunan Istana Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) hampir selesai. Progres pembangunan terbarunya sudah 80%.

"Kantor (presiden) sudah 90% dan istana presiden 80%. Intinya terus kita kerjakan," kata Kepala Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga saat dihubungi wartawan, Jumat (28/6/2024).

Sebelumnya pada Jumat (14/6/2024), Danis menyebutkan bahwa progres pembangunan Istana Presiden di IKN sudah 73% sementara untuk kantor presiden hampir 90%. Ia menuturkan, pihaknya menyiapkan Istana Presiden jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin menempatinya menjelang upacara 17 Agustus nanti.

"Kita siapkan itu (Istana) tapi nanti bisa saja presiden gimana ya, kita siapkan bahwa itu Istana itu bisa (ditempati). Istana kan tempat tinggal presiden. Kita siapkan," ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian PUPR, Jumat (14/6/2024).

Ia menambahkan, pada 17 Agustus 2024 nanti akan ada beberapa fasilitas yang difungsionalkan. Sementara iu, untuk lapangan upacara dipastikan sudah siap untuk digunakan.

"Tapi, 17 Agustus tadi kita fungsional kan, lapangan upacara sudah, kalau presiden mau bertempat tinggal di situ (Istana Presiden) sebagian ruangan (sudah selesai)," tuturnya.

Sebagai informasi, interior Istana Presiden dan Kantor Presiden akan menggunakan produk lokal. Ada beberapa furniture yang berasal dari Yogyakarta hingga Lombok.

"Istana Presiden, Kantor Presiden InsyaAllah 100 persen interiornya akan memakai produk dalam negeri," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam acara Malam Penganugerahan Konstruksi Indonesia 2023 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2023) silam.

Basuki mencontohkan lampu-lampu Istana dan Kantor Presiden didesain khusus dari Lombok dan Boyolali. Tegelnya buatan Yogyakarta. Lalu, pintu-pintu di Istana dan Kantor Presiden juga didesain dari dalam negeri. (**/red)