breaking news Baru

Menjelang Lebaran Idul Adha, Harga Cabai Di Lampung Barat Naik

Lampung Barat, Buana Informasi TV – Harga cabai di Lampung BaratLampung terpantau naik menjelang lebaran Idul Adha 1445 Hijriah.

Kenaikan harga cabai ini diketahui berdasarkan hasil monev pasar rutin yang dilakukan Diskopdag Pemkab Lampung Barat.

Kabid Perdagangan Diskodag Lampung Barat, Heriyanto mengatakan, kenaikan harga cabai terjadi di hampir setiap pasar-pasar yang ada.

“Kita telah melakukan monev pasar di Sekincau dan Liwa. Hasilnya harga cabai naik signifikan,” ujarnya mewakili Kepala Diskopdag, Tri Umaryani, Jumat (14/6/2024).

“Cabai merah besar, cabai keriting, cabai rawit merah, cabai rawit hijau. Semua mengalami kenaikan yang signifikan,” sambungnya.

Ia menjelaskan, harga cabai merah besar naik hingga Rp 65 ribu per kg dari harga sebelumnya yakni Rp 35 ribu per kg.

Cabai merah keriting naik Rp 80 ribu dari harga Rp 50 ribu, cabai rawit merah naik Rp 35 dari harga Rp 40 ribu, cabai rawit hijau naik jadi 40 ribu dari harga Rp 30 ribu.

Menurut Heri, kenaikan harga cabai terjadi karena rata-rata petani di Lampung Barat tidak memiliki barang tersebut.

“Tidak ada ada barangnya, sehingga stok di pasar terbatas. Makanya harganya jadi lumayan naik signifikan,” sebutnya.

Kendati harga cabai yang naik, harga kebutuhan bahan pokok lainnya terpantau masih stabil dari awal bulan Juni 2024 ini.

“Seperti beras, daging, minyak, bawang-bawangan, dan gula. Beras medium per kg masih Rp 12 ribu, yang premium masih Rp 13 ribu,” katanya.

“Sedangkan untuk daging sapi masih Rp 135.000 per kg, daging ayam boiler Rp 38 ribu, daging ayam kampung Rp 70 ribu,” tambahnya.

Untuk harga minyak, lanjut Heri, minyak dengan merk Minyakita harganya masih Rp 16 ribu per kg, minyak premium masih Rp 23 ribu.

Selanjutnya, untuk gula pasir curah harga juga masih stabil yakni Rp 18 ribu per kg, sedangkan untuk gula pasir kemasan juga masih Rp 18 ribu per kg.

Heri memastikan, stok kebutuhan bahan pokok di Lampung Barat menjelang lebaran Idul Adha tahun 2024 ini masih aman.

“Kalau stok cukup aman ya sampai dengan idul adha. Kita pastikan stok yang ada di pasaran masih cukup,” tegasnya.

Hal senada dikatakan oleh salah satu pedagang yang ada di Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit bernama Indra.

Menurutnya, saat ini stok beberapa kebutuhan bahan pokok di pasar menjelang lebaran Idul Adha ini terbilang aman.

“Kalau nanya soal stok kita di sini bilang aman dan cukup. Seperti minyak, beras, teping terigu dan lainnya aman,” bebernya.

“Harga juga masih relatif stabil. Cuma harga cabai aja yang naik menjelang Idul Adha ini karena stoknga terbatas,” pungkasnya. (**/red)