breaking news Baru

Pemerintah Jadwalakan Seleksi CPNS Di Bulan Juli 2024

Nasional, Buana Informasi TV - Pemerintah dijadwalkan membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, termasuk CPNS dan PPPK, dibuka pada Juni 2024 ini. Namun hingga saat ini kebutuhan formasi CASN belum difinalisasi sehingga seleksi belum dapat dibuka dalam waktu dekat.


Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini mengatakan, seiring dengan kondisi tersebut, ada kemungkinan bahwa seleksi CASN dibuka pada bulan Juli mendatang.

"Mudah-mudahan sih, kita sih mintanya Juni harusnya sudah selesai (penetapan formasi), supaya Juli bisa (buka seleksi). Tapi kita belum tahu ya kapan, masih nunggu penetapan dari Pak Menteri (PAN-RB)," kata Rini ditemui usai Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi II DPR RI di Senayan Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Rini mengatakan, saat ini BKN sedang melakukan validasi data formasi agar sesuai antara data ASN dengan yang diusulkan. Apabila proses tersebut sudah rampung, maka penetapan formasi akan dilakukan.

Di sisi lain, Rini tetap optimistis seleksi tetap bisa digelar sebanyak 3 kali di tahun 2024 ini biarpun pembukaan seleksi sedikit molor. "Bisa sih, masih bisa," kata dia.

Sementara itu, Plh. Deputi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) BKN, Suharmen mengatakan, kebutuhan formasi belum difinalisasi lantaran Kementerian PANRB terlebih dulu menyelesaikan coaching clinic dan pematangan Kembali detail formasi. Dalam hal ini, apakah sesuai dengan penyelesaian tenaga non-ASN alias honorer.

"Tapi CPNS kemarin dapat laporan dari KemenPANRB sudah selesai, namun belum bisa ditetapkan karena Pak Menteri masih melaksanakan ibadah haji. Kita masih menunggu itu. Kalau Pak Menteri sudah menetapkan secara prinsip, sistemnya sudah siap untuk diumumkan penerimaan untuk CPNS. Tapi untuk PPPK masih ada beberapa yang harus diverifikasi datanya," katanya, ditemui terpisah.

Di samping itu, salah satu hal yang membuat formasi belum dapat ditetapkan ialah karena ada sejumlah kementerian/Lembaga (KL) pusat maupun daerah yang belum mengumpulkan formasi. Salah satunya Kementerian Agama yang masih dalam proses pendetailan.

"Kalau ditanya kendalanya, kan dalam proses pendetailan formasi sekarang mereka harus mampu menyusun peta jabatan dulu. Mereka kemarin banyak fokus selesaikan peta jabatan dan butuh waktu panjang memang untuk rumuskan peta jabatan tadi," ujar Suharmen.

"Setelah peta jabatan selesai baru mereka bisa detailkan formasinya, jadi untuk jabatan A misalnya formasinya seperti apa kebutuhan detailnya, seperti apa nah mendetailkan jabatannya, itu jauh lebih gampang sebetulnya. Tapi yang sulit susun peta jabatannya untuk masing-masing unit orang," sambungnya.

Sebagai tambahan informasi, dalam timeline besarnya, seharusnya rangkaian seleksi dibuka dengan CPNS Sekolah Kedinasan (Sekdin) pada bulan Maret. Sayangnya, seleksi baru dibuka pada bulan Mei 2024. Sedangkan untuk seleksi CASN secara umum mulanya dijadwalkan dibuka Juni.

Adapun timeline besar dari seleksi CASN pernah disampaikan Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto pada Januari lalu. Seleksi CASN 2024 rencananya akan dibuka sebanyak 3 kali. Langkah ini dilakukan seiring dengan kewajiban penataan 2,3 juta tenaga Non ASN alias Honorer hingga batas waktu Desember 2024. (**/red)