breaking news Baru

PLN UID Lampung Mengklaim 95 Persen Kelistrikan Di Lampung Sudah Menyala

Bandar Lampung, Buana Informasi TV - PLN UID Lampung mengklaim bahwa 95 persen kelistrikan di Lampung sudah menyala. 

Manager Komunikasi dan TJSL Unit Induk Distribusi Lampung Darma Saputra mengatakan, PLN mencatat ada sekitar 95 persen kelistrikan di Lampung sudah hidup aliran listriknya. 

"Hingga Kamis (6/6/2024) pukul 00.48 WIB, kondisi kelistrikan lebih dari 95 persen atau lebih dari 2,5 juta pelanggan di Provinsi Lampung telah kembali menyala listriknya," kata Manager Komunikasi dan TJSL Unit Induk Distribusi Lampung Darma Saputra, Kamis (6/6/2024). 

Menurut Darma Saputra, sisanya lima persen lagi dari 2,6 juta pelanggan listrik di Lampung masih dalam pemulihan yang dilakukan PLN. 

Dia memastikan, PLN secara bertahap akan melakukan penormalan dan dilanjutkan ke jaringan distribusi pelanggan lainnya yang masih terdampak padam.

Padamnya jaringan transmisi dengan beban tinggi menyebabkan pembangkit listrik ikut padam secara otomatis. 

Sehingga memerlukan waktu dalam penyalaan kembali kelistrikan tersebut, terutama PLTU. 

Dalam proses pemulihan ini diperlukan manajemen pengaturan beban untuk menjaga kestabilan listrik pada wilayah terdampak. 

PLN menyampaikan permohonan maaf atas kondisi ini. 

"Kami PLN menerjunkan ratusan petugas yang terus bersiaga di lapangan dan juga di pusat kontrol untuk pemulihan seluruh sistem secepatnya," kata Darma. 

PLN terus bergerak memulihkan gangguan kelistrikan yang terjadi pada jaringan transmisi di Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) secara bertahap. 

Listrik padam tersebut diakibatkan adanya gangguan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat. 

"Sistem transmisi ini merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera," kata Darma. (**/red)