breaking news Baru

Polres Metro Amankan Lima Pelaku Pencurian Data Telkom

Metro, Buana Informasi TV – Satreskrim Polres Metro, Polda Lampung menciduk lima pelaku pencurian data dari Telkom, Rabu (15/5/2024).

Kelima tersangka berinisial ARS, YB, PS, KW dan SW yang ditangkap jajaran Polda Lampung karena terbukti melakukan tindak pidana bekaitan dengan telekomunikasi.

Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho, S.IK., M.IK melalui Kasat Reskrim Iptu Rosali S.H, M.H membenarkan berita penangkapan tersebut.

“Kelima pelaku memiliki peran masing-masing, ARS dan YB mertugas mencuri data jaringan internet milik Telkom dan tiga tersangka lainnya PS, KW, dan SW bertugas sebagai reseller untuk mengkomersilkan kepada sejumlah masyarakat secara ilegal,” jelasnya.

Kasat juga mejelaskan, awal mula tindak pidana pencurian data ini sejak 1 Juli 2022 sampai 6 April 2023 dan tindak pidana itu terungkap karena pihak Telkom berinisiatif memasang CCTV di ruang FTM Kantor Telkom Metro.

Di CCTV tersebut terekam 2 orang tersangka yang merupakan teknisi berinisial ARS dan YB masuk ke ruangan FTM untuk melakukan penyambungan ulang 9 catuan tersebut.

Karena kejadian tersebut pihak Telkom mengalami kerugian sebesar Rp 1,3 miliar lebih dan pada 25 April 2024 melaporkan kejadian tersebut ke Polres Metro.

Menanggapi Laporan tersebut, Selasa 14 Mei 2024 Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Metro melakukan pemanggilan terhadap kelimanya kemudian dilakukan pemeriksaan, serta melakukan gelar penetapan tersangka dan kemudian dilakukan penangkapan dan penahanan. (**/red)