breaking news Baru

Pesawat Super Hercules Unit Terakhir Pesananan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Segera Mendarat di Indonesia

Nasional, Buana Informasi TV - Pesawat Super Hercules unit terakhir pesananan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto segera mendarat di Indonesia. Pesawat terbang dari Amerika Serikat (AS), negara pembuatnya.
Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI menyampaikan Super Hercules C-130J yang akan datang nanti merupakan unit kelima. Sebelumnya, sebanyak empat unit Super Hercules sudah sampai pada bulan-bulan lalu. Unit kelima akan datang tak lama lagi.

"Pesawat Super Hercules C-130J unit kelima pengadaan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dijadwalkan tiba di Indonesia pada pertengahan bulan Mei 2024," cuit akun X resmi Kemhan RI (@Kemhan_RI), Sabtu (11/5/2024).

Informasi ini disampaikan Kepala Biro Humas Kemhan RI, Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha. Nantinya, Super Hercules itu akan dipakai oleh TNI Angkatan Udara (AU).

Pesawat itu sudah diterbangkan dari Marietta di Georgia AS menuju Halim Perdanakusuma di Jakarta Indonesia. Rute penerbangannya adalah Marietta-Monterrey-Honolulu-Marshal Island-Guam-Halim. Super Hercules akan mendarat di Halim pada 16 Mei 2024.

"Adapun Ferry flight / delivery pesawat A-1342 yang diawaki Komandan Skadron Udara 31 Letkol Pnb Alfonsus, Mayor Pnb Ulung P dan Lettu Tek Diky, sudah bertolak pada 10 Mei 2024 dari Lockheed Martin, Marietta menuju Halim Perdanakusuma," cuit Kemhan RI.

Sebelumnya, sebagaimana diberitakan detikcom, unit keempat dari Super Hercules itu tiba di Halim pada 22 Januari 2024 lalu. Adapun tiga unit Super Hercules sebelumya sudah tiba pada Maret, Juni, dan Agustus 2023. (**/red)