breaking news Baru

Bawaslu Lambar Evaluasi Sebanyak 45 Panwascam Yang Ingin Kembali Menjadi Pawascam Untuk Pilkada 2024

Lampung Barat, Buana Informasi TV - Sebanyak 45 Panwascam pada Pemilu lalu yang ingin kembali menjadi Panwascam untuk Pilkada 2024 dievaluasi oleh Bawaslu Lampung Barat.

Ketua Bawaslu Lampung Barat, Novri Jonestama mengatakan, puluhan Panwascam pada Pemilu lalu itu kini menjadi peserta existing dalam tahapan Pilkada.

“Peserta existing yakni peserta yang berasal dari anggota Panwascam yang saat ini telah dan atau sedang melaksanakan tugas pada Pemilu Tahun 2024,” ujarnya, Kamis (2/5/2024).

“Sementara ada juga pendaftar baru yang sebelumnya yang tidak termasuk/bukan anggota Panwascam pada Pemilu lalu,” terusnya.

Jones mengatakan, kedua kategori peserta itu sudah bisa mendaftar sejak dimulainya tahapan pasa sejak 23 April sampai dengan 23 Mei 2024.

“Pelaksanaan juga kami bagi dua tahapan. Tahap pertama yaitu tanggal 28 April hingga 2 Mei 2024 untuk evaluasi kinerja peserta existing,” kata dia.

“Selanjutnya pada tahap kedua yaitu tanggal 3 hingga 22 Mei 2024 untuk proses rekrutmen bagi pendaftar baru,” tambahnya.

Menurut Jones, evaluasi kinerja bagi para peserta existing dilakukan oleh Bawaslu dengan standar evaluasi yang telah ditetapkan.

Evaluasi dilakukan berdasaran hasil evaluasi kinerja serta keterpenuhan syarat administratif, peserta existing dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Jika di suatu kecamatan peserta existing yang MS mencapai tiga orang, maka di kecamatan tersebut tidak dilakukan rekrutmen pendaftar baru,” jelasnya.

“Sedangkan jika peserta existing kurang dari tiga orang, atau ada peserta existing yang TMS, maka di kecamatan tersebut dibuka pendaftaran bagi pendaftar baru,” lanjutnya.

Nantinya peserta pendaftar Panwascam yang baru itu akan diambil sebanyak dua kali dari jumlah peserta existing yang TMS.

Kemudian peserta existing yang TMS tidak dapat mendaftarkan diri menjadi peserta pendaftar baru pada seleksi.

“Pendaftar baru akan mengikuti tes sesuai dengan rangkaian tahapan seleksi yang meliputi penelitian dan verifikasi berkas administrasi, tes tertulis, dan tes wawancara,” sebutnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya akan fokus mengevaluasi kinerja para peserta existing yang ingin lanjut menjadi petugas Pilkada nanti.

“Tentunya saat ini kami tengah melaksanakan tes evaluasi kinerja peserta existing, Bawaslu memberi ruang tanggapan dan masukan masyarakat,” tuturnya.

“Baik tanggapan terhadap para peserta existing maupun tanggapan untuk para pendaftar baru nantinya," tandasnya.

Tanggapan dan masukan terhadap calon Anggota Panwascam dapat ditujukan kepada Pokja Pembentukan Panwascam di Sekretariat Bawaslu Lampung Barat.

Ataua Masyarakat juga dapat memberi tanggapan dan masukan bagi para peserta melalui email: pokjabawaslulambar@gmail.com. (**/red)