breaking news Baru

Pj Bupati Tulangbawang Kukuhkan Ujung Gunung Ilir Jadi Kampung Bebas Narkoba

Menggala, Buana Informasi TV -  Kampung Ujung Gunung Ilir Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang didapuk jadi Kampung Bebas Narkoba (KBN).

Posko KBN di Kampung Ujung Gunung Ilir itu dikukuhkan Pj Bupati Tulangbawang Qudratul Ikhwan, Rabu (13/3/2024) kemarin.

Kampung Bebas Dari Narkoba (KBN) ini merupakan buah dari kerjasama yang baik antara Polres Tulangbawang dengan BNNK Lampung Timur yang akhirnya membuat Tulangbawang memiliki sebuah KBN.

Qudratul menuturkan, keberadaan KBN ini penting sebagai langkah awal menggerakkan masyarakat dalam memerangi bahaya narkoba yang sudah menjadi masalah krusial bagi generasi muda sampai tua.

Pemerintah Daerah Tulangbawang, kata dia, sangat mengapresiasi langkah BNNK Lampung Timur dan Polres Tulangbawang atas pendirian Posko KBN ini.

"Posko ini berguna untuk mendukung masifnya upaya memerangi narkoba. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik keberadaan posko tersebut," kata Qudatul.

Qudratul juga mengatakan, melain melalui posko tersebut, dalam rangka mengurangi peredaran dan penggunaan narkoba, pemerintah daerah bersama Polres Tulangbawang setiap tahunnya rutin melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada anak usia sekolah maupun kepada masyarakat.

Serta langkah lain yang sudah ditempuh adalah dengan membatasi waktu hiburan (Orgen Tunggal) pada malam hari.

"Tentunya hal tersebut merupakan wujud nyata untuk mencegah peredaran dan penggunaan narkoba di Kabupaten Tulangbawang," kata dia.

Qudrotul Ikhwan mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menyelamatkan generasi muda dari pengaruh buruk narkoba, salah satunya dengan terus mensosialisasikan bahaya narkoba kepada pemuda dan seluruh elemen masyarakat.

"Masyarakat yang sehat dan produktif pastinya dapat membantu dan mendukung upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan brand UDANG MANIS (Unggul, Damai, Aman, Nyaman, Guyub, Mandiri, Agamis, Natural, Inovatif, Sejahtera)," tandasnya.

Turut hadir Forkopimda Tuba, Asisten Bidang Pemerintahan & Kesra, Kasat Pol PP, Ka. Badan Kesbangpol, Ka. Dishub, Ka. Damkarmat, Plt Ka. Diskominfo, serta Camat Menggala. (**/red)