breaking news Baru

Pemprov Lampung Raih Penghargaan Anugerah Raksa Bandha

Bandar Lampung, Buana Informasi TV - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mewakili Pemprov Lampung menerima penghargaan Kategori Khusus Kerjasama Penilaian pada Anugerah Raksa Bandha.

Ajang penghargaan tersebut digelar Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu yang kemudian diserahkan kepada Pemprov Lampung, Kamis (22/02/2024) di Gedung Saburai BPMP Provinsi Lampung.

Penyerahan penghargaan untuk Pemprov Lampung ini dalam acara pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan melayani (ZI menuju WBK dan WBBM) pada Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu,

Kepala Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu Dudung Rudi Hendratna mengatakan dalam pengelolaan keuangan negara termasuk didalamnya juga terkait pengelolaan kekayaan negara.

Dikatakan bahwa selama ini Kementerian Keuangan melalui Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu terus berusaha untuk menghadirkan tata kelola aset yang dilakukan secara akuntabel dan profesional.

Rudi menambahkan, Kementerian Keuangan senantiasa berupaya agar pengelolaan aset negara semakin andal dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

Dijelaskan lebih rinci, sepanjang tahun 2023 telah banyak milestone yang telah di raih bersama.

Milstone yang dimaksud diantaranya pada kontribusi yang dihasilkan dalam bentuk PNBP dari Aset, Piutang Negara dan Lelang yang mencapai Rp 28,28 Miliar tercapai 130,81 persen dari target dan tumbuh 23,91 persen dari tahun ke tahun (year on year).

Sementara realisasi pokok lelang pada tahun 2023 mencapai Rp 412,5 miliar dan sudah tercapai 98,12 persen dari target atau tumbuh 14,44 persen dari tahun ke tahun (year on year).

"Hal ini tentu merupakan buah hasil kerja keras kita semua baik pada Satuan Kerja, Pemerintah Daerah, Perbankan, Pegadaian, Balai Lelang, Pejabat Lelang kelas II maupun UMKM mitra," ujar Kakanwil DJKN Lampung.

Selain itu, pada lingkup wilayah provinsi Lampung dan Bengkulu juga telah berhasil melakukan sertifikasi sebanyak 857 bidang.

"Hal ini tak lepas dari kerja keras dan sinergi dari seluruh stakeholder. Kami mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholder yang telah terlibat dalam pengelolaan Piutang Negara dan Penilaian selama ini baik kepada seluruh satuan kerja maupun pemerintah daerah.

Sebagai wujud apresiasi DJKN Lampung, pada hari ini dilaksanakan kegiatan Anugerah Raksa Bandha, yang di tujukan kepada Stakeholder berprestasi dalam peningkatan kinerja pengelolaan BMN, pengelolaan Piutang Negara dan Penilaian serta berkontribusi dalam pelaksanaan Lelang.

Pada Anugrah Reksa Bandha tahun 2023 ini, Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu memberikan penghargaan pada beberapa Bidang dan Kategori, antara lain Bidang Pengelolaan Barang Milik Negara, Kategori Utilisasi BMN, Kategori Sertifikasi BMN, Kategori Pelaporan BMN, Kategori PNBP, Kategori Best Perfomance Stakeholder.

Kemudian, Bidang Lelang terdapat Kategori Lelang Eksekusi, Kategori Lelang Non Eksekusi, Kategori Lelang Sukarela.

Lalu, Bidang Piutang Negara, dengan Kategori Penyerah Piutang dengan pelunasan terbanyak. Serta Bidang Penilaian, dengan Kategori Penilaian BMN, Kategori Penilaian BMD, dan yang terakhir terdapat penilaian dengan Kategori Khusus.

"Kami berharap bahwa penghargaan yang diraih oleh para pemenang agar dimaknai bukan sekedar sebagai plakat, namun sebagai sebuah upaya membangun kultur atau budaya untuk selalu menjaga serta mengelola aset negara sebagai bagian dari pertanggung jawaban publik," ujar Kakanwil DJKN Lampung.

DJKN Lampung membuka ruang seluas-luasnya untuk sinergi dan kolaborasi dalam pelaksanaan berbagai tugas dan fungsi di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Pada Tahun 2024 ini Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu akan mengikuti program pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Sebelumnya pada bulan Maret tahun 2023 DJKN Lampung telah melakukan pencanangan ZI WBBM.

"Pada kesempatan hari ini, izinkan kami untuk memperbaharui tekad kami yang tentunya dengan dukungan Bapak Ibu sekalian, semoga Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu tahun ini dapat meraih predikat ZI WBBM," pungkas Kakanwil DJKN Lampung.(**/red)