breaking news Baru

Jokowi Resmikan Proyek Pengembangan Lapangan Gas Tangguh Train 3 Rp 72 Triliun

Nasional, Buana Informasi TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek pengembangan Lapangan Gas Tangguh Train 3 di Teluk Bintuni, Papua. Dia mengklaim bahwa lapangan yang satu ini akan menjadi produsen gas terbesar di Indonesia.
Tangguh Train 3 sendiri adalah proyek migas bercap Proyek Strategis Nasional (PSN). Dengan nilai investasi US$ 4,83 miliar atau Rp 72,45 triliun.

"Alhamdullilah hari ini kita akan meresmikan proyek Tangguh Train 3, penghasil gas bumi terbesar di Indonesia," ungkap Jokowi dalam peresmian yang disiarkan virtual, Jumat (24/11/2023).

Proyek Tangguh Train 3 ini akan meningkatkan kapasitas produksi tahunan Tangguh LNG menjadi 11,4 juta ton per tahunnya dan berkontribusi signifikan untuk mendukung target produksi gas 12 standar kaki kubik per hari pada 2030.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih atas investasi yang baru ini dan yang saya senang proyek ini menyerap banyak tenaga kerja saat ini 70% tenaga operasional Tangguh adalah pekerja dari Provinsi Papua Barat dan Papua," ujar Jokowi.

Selain proyek Tangguh Train, Jokowi juga meresmikan groundbreaking Proyek Gas Ubadari, pengembangan fasilitas Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS), proyek hilirisasi blue amonia, dan proyek lapangan migas Asap Kido Merah. Semua proyek ada di Papua. (**/red)