breaking news Baru

Jokowi Minta AS Bantu Hentikan Serangan Israel Ke Palestina

Nasional, Buana Informasi TV- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mendampingi kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo di Amerika Serikat untuk bertemu Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Dalam pertemuan tersebut, Zulhas mengungkapkan Indonesia menyampaikan beberapa permintaan ke Amerika Serikat.
Zulhas mengatakan Joe Biden awalnya bertanya kepada Jokowi mengenai hal-hal yang diperlukan dan bisa dibantu oleh Indonesia. Jokowi langsung mengungkapkan permintaannya agar Amerika membantu menghentikan serangan Israel ke Palestina.


"Pak Jokowi meminta agar Amerika membantu menghentikan serangan Israel terhadap Palestina. Itu saya ikut rapatnya. Menghentikan serangan Israel gencatan senjata. Itu permintaan presiden. Itulah yang paling penting, yang paling diperlukan dan yang paling membahagiakan Indonesia," ungkap Zulhas dalam keterangannya, Rabu (15/11/2023).


Lebih lanjut, Zulhas mengatakan Joe Biden kembali menanyakan kebutuhan Indonesia lainnya selain menghentikan serangan Israel ke Palestina. Jokowi pun meminta agar Amerika membantu Indonesia dalam penggunaan transisi energi terbarukan (EBT).


"Presiden Indonesia menjawab bantulah Indonesia transisi dari energi fosil ke energi baru terbarukan," sambungnya.
Ketua Umum PAN ini menyebut pertemuan Jokowi dengan Joe Biden memakan waktu hampir satu jam. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan hasil KTT darurat OKI dan pesan Presiden Palestina ke Joe Biden.


Sebelumnya dalam KTT OKI, Zulhas juga mengungkapkan peran Indonesia yang meminta dunia agar bergerak menghentikan serangan Israel ke Palestina.(**/red)