breaking news Baru

Pemkab Tanggamus Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95

Tanggamus, Buana Informasi TV - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tanggamus laksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 pada, Senin (30/10/2023).

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini berlangsung di lapangan Pemkab Tanggamus.

Dalam upacara ini Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Vicky Heru Harsanto bertindak sebagai inspektur upacara.

Letkol Inf Vicky membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

"Dengan momentum ini mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme," kata Letkol Inf Vicky Heru Harsanto.

Tak hanya itu, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ini juga sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan.

Komitmen yang dimaksud antara lain, bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini mengusung tema 'Bersama Majukan Indonesia'.

Tambahnya, dalam tema yang diusung ini bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman.

"Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia," kata dia.

Pemerintah Indonesia juga sudah membuka kesempatan kepada para pemuda untuk bersama-sama mewujudkan masa depan yang baik.

Dengan kolaborasi yang baik antar lintas generasi telah membangun optimisme di dalam pembangunan Nasional.

"Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian, serta sejumlah problem bangsa lainnya," ucapnya.

Namun dengan sederet masalah tersebut, tidak menjadi halangan bagi para pemuda untuk berkreasi membangun Indonesia lebih maju.

Dengan kemajuan teknologi dan informasi yang cepat membuat kesenjangan penguasaan teknologi dan informasi antar generasi.

Dengan mengimbangi percepatan dan perubahan saat ini masyarakat sudah cukup kewalahan dalam menghadapinya.

Maka dari itu, penguasaan teknologi dan informasi serta literasi digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi.

"Setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat," kata dia.

Ia mengatakan, strategi yang paling ampuh dengan cara saling tolong menolong antar lintas generasi dan sektor yang ada.

Terkait kerja kolaboratif ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres Nomor 43 Tahun 2022.

Yang berisik tentang, koordinasi lintas sektor penyelenggaraan pelayanan kepemudaan.

"Agar implementasi koordinasi lintas sektor tersebut efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP)," jelasnya.

Dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ini juga dihadiri oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis.

Kemudian, Kapolres Tanggamus yang diwakili Kabag Sumda Kompol Hasbin, Ketua Pengadilan Negeri Eva Susiana, Ketua Pengadilan Agama Kota Agung Ibrahim Lubis. (**/red)